REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PENDAKI PEMULA

7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula di Indonesia

Kegiatan mendaki gunung belakangan ini semakin digemari sebagian banyak orang, terutama dikalangan remaja. Mendaki gunung menjadi kebanggaan tersendiri bagi si pendaki untuk mencapai puncak gunung yang dijelajahi. Mendaki sebuah gunung pastinya bukanlah menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Seperti yang kita tahu, gunung tentu memiliki medan yang sangat berat akan menjadi sebuah tantangan yang harus dilewati. Untuk itu bagi anda yang merupakan pendaki pemula, dianjurkan untuk melakukan latihan terlebih dahulu. Anda bisa dengan melakukan pendakian di gunung-gunung yang pendek dan tidak terlalu tinggi. 

Bagi anda yang merupakan pendaki pemula, berikut ini beberapa rekomendasi gunung yang bisa nada jelajahi. Adapun diantaranya sebagai berikut:

  • Gunung nglanggeran 

Selain menjadi kota wisata, jogja juga mempunyai tempat untuk para pendaki pemula. Tempat ini berlokasi di gunung kidul, gunung nglanggeran memiliki ketinggian 700 mdpl.  Untuk mencapai puncak gunung ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam an. Memiliki jalur yang setapak membuat pendakian di gunung nglanggeran ini terasa lebih mudah dan menyenangkan. setelah sampai di puncak gunung, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dari ketinggian. 

  • Gunung panderman batu

Meski memiliki ketinggian 2.000 mdpl, jalur pendakian di gunung ini terbilang mudah.  Anda bisa menikmati pendakian dengan santai karena tidak ada halangan apapun. Sepanjang jalan pendakian anda juga akan disuguhi pemandangan indah kota batu dan hijaunya pegunungan. Mendaki gunung ini cocok untuk anda yang ingin melatih ketahanan fisik. 

  • Gunung ijen

Gunung yang terletak di kabupaten banyuwangi ini cocok untuk para pendaki pemula. Dengan ketinggian 2.443 mdpl dan memerlukan waktu 2,5-3 jam untuk mendaki sampai puncak. Gunung ijen terkenal karena fenomena api biru dan kawah belerangnya yang memukau. Walaupun tidak terlalu tinggi, anda harus tetap berhati-hati ketika mendaki gunung ini. Karena gunung ijen memiliki jalur pendakian yang berpasir dan terdapat beberapa titik yang cukup curam.

  • Gunung prau

Gunung prau terletak di dieng, jawa timur, yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl dan mempunyai puncak terluas di Indonesia. Puncak ini yang bisa dijadikan tempat berkemah sambil menanti matahari terbit. Untuk mencapai puncak gunung prau membutuhkan waktu sekitar 3 jam. 

  • Gunung gede

gunung yang terletak di jawa barat ini cocok untuk para pendaki pemula, karena memiliki jalur pendakian yang relatif pendek. Gunung ini menyajikan pemandangan alami yang indah dari air terjun cibeureum. Pada jalur pendakian juga terdapat sumber air panas yang bisa kamu nikmati. Untuk mencapai puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 6 jam bagi para pendaki pemula.

  • Gunung batur

Gunung yang terletak di kintamani, pulau bali ini cocok menjadi pilihan bagi para pendaki pemula. Untuk mencapai puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah sampai di puncak, anda akan disuguhi pemandangan danau kintamani yang begitu indah.

Nah itulah beberapa rekomendasi gunung yang bisa dicoba oleh para pendaki pemula. Buatlah pengalaman mendaki pertama berkesan dan tak terlupakan. Meskipun masuk kategori pemula, anda tetap harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Baik fisik, mental serta kelengkapan peralatan yang anda gunakan untuk mendaki. Dan tetaplah jaga perilaku dan usahakan jangan sampai mengotori ataupun merusak apapun saat mendaki. Tetap patuhi aturan dan tata tertib yang biasanya diberikan petugas yang jasa sebelum mendaki. Tetap utamakan keselamatan anda di atas kesenangan.  

Related