PETA MALAYSIA LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA

Peta Malaysia juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan peta malaysia ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentu saja dengan adanya tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya.

Tentu saja keberadaan peta malaysia ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan juga peta tersebut yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

Peta Malaysia adalah sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi di sebuah bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari sebuah peta konvensional yang kemudian tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi.

Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Tentu untuk menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

PETA MALAYSIA

Peta Malaysia adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan tentunya negara yang satu ini merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Pastinya di dalam peta malaysia ini kamu akan melihat bahwa Negara Malaysia telah terbagi menjadi dua bagian. Negara Malaysia sendiri merupakan sebuah negara federal dan terdiri dari 13 negeri dan 3 wilayah federal di Asia Tenggara. Negara Malaysia ini memiliki luas 329.847 km persegi dan Ibukota nya adalah Kuala Lumpur. Putrajaya sendiri merupakan sebuah pusat administrasi Negara Malaysia yang telah menggantikan posisi Kuala Lumpur dam menjadi pusat pemerintahan federal. Jumlah penduduk Negara Malaysia mencapai 30.697.000 jiwa pada tahun 2015. Negara Malaysia ini telah di pisahkan ke dalam dua kawasan seperti Malaysia Timur dan Malaysia Barat oleh Kepulauan Natura di wilayah Indonesia serta di Laut Tiongkok Selatan.

Tentu saja Negara Malaysia ini berada di dekat Khatulistiwa dan memiliki iklim tropika. Kepala Negara Malaysia ini juga merupakan seorang Raja atau seorang Sultan yang telah dipilih secara bergiliran pastinya setiap lima tahun sekali. Tentu saja hanya negeri-negeri atau juga negara bagian yang diperintah oleh Raja atau Sultan ini. Dan pastinya yang hanya diperbolehkan mengirimkan wakilnya untuk menjadi Raja Malaysia. Raja Malaysia sendiri biasanya juga memakai gelar Sri Paduka Baginda Yang di Pertuan Agong.

Pada pemerintahannya juga dikepalai oleh seorang Perdana Menteri dan model pemerintahan Negara Malaysia ini mirip dengan sistem Parlementer Westminster. Bagian pertama jika kamu melihat peta malaysia ini terletak berada di bagian utara pulau Sumatera. Dan yang kedua Negara Malaysia berada di bagian utara pulau Kalimantan. Tentu saja Negara Malaysia ini dikenal sebagai negara Melayu, karena sebagian besar mayoritas dari penduduk Malaysia merupakan suku Melayu. Maka dari itu penduduk Negara Malaysia ini juga hampir sama seperti penduduk Sumatera. Negara Malaysia tentu saja juga memiliki kekerabatan yang erat dengan tanah air selain juga berbatasan langsung dan juga dekat dengan Indonesia. Secara astronomis nya Negara Malaysia ini berada digaris 10LU sampai 70LU dan 1000BT hingga 1190BT.

Tentu saja dari letak astronomis nya ini kamu juga bisa mengetahui bahwa kawasan Malaysia ini berada di bagian lintang utara. Negara Malaysia merupakan sebuah negara yang memiliki iklim tropis tentunya karena berada di jalur lintas garis khatulistiwa. Dan jika ditinjau dari segi geografisnya Negara Malaysia sendiri juga berbatasan dengan beberapa Negara di Asia Tenggara. Seperti Brunei Darussalam, Singapura dan Indonesia. Negara Malaysia yang berada di utara pulau Sumatera bersinggungan langsung pastinya dengan kawasan Singapura. Sedangkan bagian Negara Malaysia yang ini berada di utara pulau Kalimantan secara langsung dengan tanah air dan Brunei Darussalam.

Lokasi nya tentu secara astronomis dan geografis Malaysia ini jelas mempengaruhi kondisi bentang alam yang ada di Malaysia. Kondisi bentangan alam yang berada Negara Malaysia ini tentu cukup bagus dan menghijau. Tentu saja karena ada banyak hutan dan perkebunan di Negara Malaysia ini. tetapi Negara Malaysia ini memiliki banyak kota besar yang terkenal.

  • Kuala Lumpur

Kota ini tentu saja menjadi yang paling terkenal di Negara Malaysia karena merupakan sebuah Ibukota juga. Kota ini tentu saja menjadi destinasi utama bagi para turis. Kota ini mengalami perkembangan yang pesat pastinya jika dibandingkan dengan kota yang lain. Semua kantor parlemen Negara Malaysia juga berada di Kota ini. Dan pastinya memiliki akses menuju kota ini juga dapat dipermudah dengan adanya Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

  • Johor Bahru

Kota ini juga terkenal dengan sebutan sebagai kota Tanjung Puteri dan merupakan kota kedua terbesar di Negara Malaysia. Tentu saja kota ini terkenal dengan keberagaman budaya yang kaya. Di kota ini kamu juga dapat menemukan banyak sekali tempat wisata.

  • Shah Alam

Dahulu kota ini terkenal dengan sebutan kota Batu Tiga dan kota ini terkenal dengan perkebunan sawitnya. Dipimpin oleh seorang walikota dan memiliki banyak industri pastinya. Negara Malaysia sendiri memberikan perhatian khusus pastinya terhadap Kota ini karena memiliki cukup potensi.

  • Subang Jaya

Berada di kawasan lembah Kelang, Negara Malaysia dan kota ini terkenal dengan perkembangan kota yang sangat baik. Juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap pastinya. Tentu saja perkembangan ini juga didorong dengan kekayaan alam.

  • Alor Setar

Kota ini tentu saja termasuk kota terbesar yang telah ada di Negara Malaysia. Kawasan ini juga berada di wilayah Kedah dan merupakan sebuah kota maju akan industrinya di Negara Malaysia. Walaupun memiliki luas yang tidak sebesar kota Kuala Lumpur tetapi memiliki kontribusi yang besar bagi Negara Malaysia.

 

 

Add Comment