sewa mobil elf di jakarta selatan

PENGERTIAN PETA KALIMANTAN LENGKAP KAMU HARUS TAHU CEK SEKARANG

Peta kalimantan adalah sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi di sebuah bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari sebuah peta konvensional yang kemudian tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi.

Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Tentu untuk menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI

  1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartografi seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur penampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

  1. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal merupakan sebuah akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini, pengertian peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

  1. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya: representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan seperti contohnya adalah sifat, seperti batas daerah, sifat permukaan, dan juga denah.

Peta Kalimantan juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan peta kalimantan ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentu saja dengan adanya tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya.

Tentu saja keberadaan peta kalimantan ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan peta lah yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

PETA KALIMANTAN

Peta Kalimantan biasa juga disebut dengan Borneo dan sudah sejak zaman kolonial. Tentu saja pulau terbesar ini merupakan nomor 3 sedunia dan berada Indonesia. Tepatnya berada di sebelah barat Pulau Sulawesi dan di sebelah utara Pulau Jawa. Kalimantan sendiri telah di bagi menjadi 3 wilayah negara yakni Indonesia 73%, Brunei 1 % dan Malaysia 26%. Kalimantan juga terkenal dengan julukan Pulau Seribu Sungai karena di sini terdapat sungai yang mengalir pastinya. Pada zaman kolonial Borneo sendiri berasal dari nama Kesultanan Brunei. Yang merupakan dari nama Kesultanan Brunei yakni nama yang telah dipakai oleh kolonial Belanda dan Inggris. Tentu saja untuk menyebut secara keseluruhan dan Kalimantan merupakan nama yang digunakan para penduduk bagian timur pulau tersebut.

Selain itu wilayah bagian utara di Kalimantan ada Sabah, Sarawak dan Brunei. Dan tepatnya untuk Indonesia di bagian utara adalah Kalimantan Utara. Maka dari itu arti luas Kalimantan adalah meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo. Jika dibandingkan dalam arti sempitnya Kalimantan juga hanya mengacu ke dalam wisata di tanah air. Kalimantan ini memiliki luas pulau sebesar 743.330 km2. Dan dikelilingi oleh laut di bagian barat dan utara-barat dengan Laut Tiongkok Selatan, di bagian utara-timur dengan Laut Sulu. Dan di bagian timur dengan Laut Sulawesi, Selat Makassar serta di bagian selatan dengan Laut Jawa dan Selat Karimata.

Titik tertinggi di Kalimantan berada di Gunung Kinabalu 4095 mdpl dan berada di Sabah, Malaysia. Tentu saja di Kalimantan terkenal dengan sungai nya dan memiliki beberapa sungai terpanjang. Yakni ada Sungai Kapuas sepanjang 1143 km berada di Kalimantan Barat, Sungai Mahakam sepanjang 980 km berada di Kalimantan Timur. Sungai Barito sepanjang 880 km berada di Kalimantan Tengah dan Sungai Rajang sepanjang 562,5 km yang berada di Serawak, Malaysia. Indonesia sendiri merupakan wilayah yang terluas dan pastinya berbeda jika dibandingkan dengan negara yang berada di Kalimantan. Tentu saja kelima provinsi ini juga memiliki wilayah yang terbilang cukup luas pastinya. Dengan kepadatan penduduknya yang juga jarang membuat pulau ini menjadi ideal bagi para transmigran. Walaupun memiliki wilayah yang besar tetapi Indonesia tidak meletakkan kegiatan adiministratrif nya di sini.

Pada umumnya sebuah pulau biasanya hanya memiliki satu negara saja. Tetapi dengan adanya 3 negara yang berada di tanah air pastinya memiliki kedaulatan masing-masing. Kalimantan sendiri memiliki hutan yang pastinya lebat dan semakin waktu berlalu juga berkurang akibat maraknya penebangan liar. Tentu saja di Kalimantan juga memiliki habitat alami yakni ada Fauna seperti Landak, Rusa, Tapir, Badak, Orang Utan, Gajah Borneo dan beberapa spesies lainnya. Dengan kekayaan alamnya tentu saja Kalimantan menjadi salah satu dari enam koridor ekonomi yang telah di canangkan pemerintah Republik Indonesia. Tentu saja telah ditetapkan bahwa kalimantan merupakan hasil tembang dan lumbung energi nasional di tanah air.

Indonesia

Kalimantan ini berada di tengah-tengah Indonesia sehingga sangat cocok dan layak jika dicalonkan sebagai lokasi ibukota Indonesia masa depan.

Kalimantan dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya:

  • Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin
  • Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak
  • Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda
  • Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya
  • Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor

Malaysia

Malaysia memiliki 2 Negara bagian dan di wilayah Persekutuan Malaysia yang berada di Kalimantan:

  • Sabah dengan ibu negeri Kota Kinabalu
  • Sarawak dengan ibu negeri Kuching
  • Wilayah Persekutuan Labuan (di lepas pantai Sabah)

Brunei Darussalam

  • Brunei Darussalam juga terdapat di Pulau Kalimantan dan memiliki ibukota Bandar Seri Begawan

Add Comment