sewa mobil elf di jakarta selatan

PENGERTIAN PETA JEPANG LENGKAP DENGAN PENJELASANNYA

Peta Jepang juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan peta jepang ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentunya dengan tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya.

Tentu saja keberadaan peta jepang ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan peta lah yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

Peta Jepang juga merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi pada bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari sebuah peta konvensional yang kemudian tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu.

Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Tentu untuk menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

PENGERTIAN PETA MENURUT PARA AHLI

  1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartografi seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur penampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

  1. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL, 2005)

Bakosurtanal merupakan sebuah akronim dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Menurut lembaga ini, pengertian peta adalah wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan yang dapat menjadi sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

  1. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya: representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan seperti contohnya adalah sifat, seperti batas daerah, sifat permukaan, dan juga denah.

PETA JEPANG

Peta Jepang adalah salah satu negara yang berada di Asia Timur dan bertetangga dengan negara Asia Timur lainnya. Yakni dengan Republik Rakyat Cina, Rusia, Korea dan Jepang sendiri berbatasan langsung dengan Laut Jepang di bagian timur. Dan di bagian barat nya dengan Samudra Pasifik. Jepang juga termasuk salah satu negara yang maju di kawasan Asia pastinya. Negara Jepang sendiri juga tidak begitu besar, dahulu Jepang juga pernah dibom atom oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia Ke II. Tentu saja Jepang hancur lebur dan porak poranda. Dengan kedisiplinan dan kerja keras masyarakatnya yang kuat tentu tanpa membutuhkan waktu yang lama. Jepang lalu kembali menjadi negara yang maju, bahkan malah lebih maju dari pada sebelumnya. Tidak hanya itu saja Jepang sendiri juga pernah mengalami tsunami dahsyat yang menghancurkan beberapa kota. Kemudian tidak berapa lama kota di Jepang ini kembali seperti sedia kala. Negara Jepang ini juga sering disebut dengan negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau. Dari mulai pulau kecil sampai pulau – pulau besar. Jepang juga memiliki gunung tertinggi dan sering menjadi kunjungan wisatawan yakni Gunung Fuji. Sebagian besar Jepang memiliki pulau yang bergunung-gunung dan sebagian diantaranya juga merupakan gunung berapi. Istilah Kepulauan Jepang juga merujuk pada 4 pulau besar dari utara ke selatan pastinya. Jepang sendiri memiliki kawasan yang beriklim sedang dan memiliki 4 musim yang jelas.

Pembagian Provinsi Jepang

Negara Jepang ini memiliki 47 prefektur dan telah di bagi menjadi 8 wilayah. Sebagian besar wilayah tersebut juga sudah ada di jepang dan berada di Pulau Honshu. Dan untuk Pulau Okinawa juga masuk ke dalam wilayah Kyuushuu.

  1. Hokkaido

Hokkaido ini berada di bagian paling utara dan sekaligus menjadi pulau terbesar di Jepang. Pemisah Pulau Hokkaido dan Pulau Honshu adalah Selat Tsugaru dan memiliki jumlah penduduk 5,4 juta. Hokkaido sendiri terbagi menjadi 4 bagian yakni Doutou, Douhoku, Douou dan Dounan.

  1. Touhoku

Wilayah ini berada di Pulau Honshu dan memiliki 6 prefektur. Yakni ada Aomori, Miyagi, Iwate, Akita, Yamagata dan Fukushima.

  1. Kantou

Berada di Pulau Honshu di bagian tenggara dan memiliki 7 prefektur. Yakni Tochigi, Gunna, Ibaraki, Saitama, Chiba, Tokyo dan Kanagawa.

  1. Chuubu

Berada di Pulau Honshu dan di bagian tengah memiliki 9 prektur. Yakni Toyama, Niigata, Fukui, Ishikawa, Yamanashi, Gifu, Nagano, Aichi dan Shizuoka.

  1. Kinki

Berada di Pulau Honshu di bagian tengah agak kebarat dan memiliki 7 prefektur. Yakni Kyoto, Osaka, Shiga, Mie, Hyogo, Nara dan Wakayama.

  1. Chuugoku

Berada di Pulau Honshu bagian barat dan memiliki 5 prefektur yakni Yamaguchi, Shimane, Okayama, Hiroshima dan Tottori.

  1. Shikoku

Pulau ini merupakan pulau paling kecil dan berada di bagian barat daya Pulau Honshu. Dan memiliki 4 prefektur yakni Kagawa, Ehime, Kochi dan Tokushima.

  1. Kyuushuu

Berada di bagian paling barat dan menjadi pulau terbesar ketiga di jepang. Memiliki 8 prefektur yakni Nagasaki, Kumamoto, Fukuoka, Saga, Oita, Miyazaki, Okinawa dan Kagoshima. Wilayah ini dibagi menjadi 3 bagian yakni Kyushu Selatan, Kyushu Tengah dan Kyushu Utara.

Beberapa Hal-hal yang perlu diketahui tentang negara Jepang adalah:

  • Luas wilayah: 377.643 km persegi
  • Ibu kota: Tokyo
  • Bentuk pemerintahan: Kekaisaran
  • Kepala negara: Kaisar
  • Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
  • Kaisar: Akihito
  • Perdana Menteri: Shinzō Abe
  • Lagu kebangsaan: Kimigayo Murayama
  • Jumlah Penduduk (2012): 126.000.000 jiwa
  • Bahasa: Jepang
  • Agama mayoritas penduduk: Shinto
  • Mata uang: Yen
  • Bandar udara internasional: Narita dan Haneda
  • Perusahaan penerbangan: Japan Airlines (JAL)

Add Comment