PETA JAWA LENGKAP DENGAN PENGERTIAN DAN JUGA SEJARAH KAMU HARUS TAHU

Peta Jawa juga merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan Peta Jawa ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentunya dengan tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya. Tentu saja keberadaan Peta Jawa ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan peta lah yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

JAWA

Peta Jawa juga termasuk sebuah pulau yang ada di tanah air. Dan merupakan sebuah pulau terluas ke 13 di Dunia. Memiliki hampir sekitar 160 juta penduduk dan pulau ini termasuk pulau berpenduduk terbanyak di dunia. Menjadi salah satu tempat terpadat di dunia pastinya dan menempati urutan terluas ke-5. Peta Jawa ini juga telah dihuni sebanyak 60 % penduduk indonesia. Jika dibandingkan dengan sensus penduduk tahun 1905 angka ini turun dan mencapai 80,6 % dari seluruh penduduk indonesia. Penurunan penduduk di Pulau Jawa sendiri karena persentase ini di akibatkan perpindahan penduduk yang transmigrasi dari Pulau Jawa ke seluruh tanah air. Jawa sendiri merupakan sebuah pulau yang relatif muda dan sebagian besarnya terbentuk dari aktivitas vulkanik. Dari deretan gunung-gunung berapi ini juga membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau jawa ini. Dengan dataran endapan aluvial sungai di bagian utara nya dan Pulau Jawa ini di pisahkan dengan beberapa selat dan beberapa pulau utama lainnya. Yakni dengan pulau Sumatra di barat laut, Pulau Kalimantan di Utara, di bagian timur laut ada Pulau Madura dan di sebelah timur ada Pulau Bali. Selain itu juga di bagian selatan pulau jawa yaitu Samudra Hindia. Tentu saja dahulu memiliki beberapa kisah sejarah tanah air dan suah berlangsung di Pulau Jawa ini.

Peta Jawa merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi mengenai bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

Pemerintahan

Secara administratif pulau Jawa terdiri atas enam provinsi:

  • Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Provinsi Banten, ibukota provinsi Kota Serang
  • Provinsi Jawa Barat, ibukota provinsi Kota Bandung
  • Provinsi Jawa Tengah, ibukota provinsi Kota Semarang
  • Provinsi Jawa Timur, ibukota provinsi Kota Surabaya
  • Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ibukota Kota Yogyakarta

Pembagian peta pulau jawa ini sendiri pastinya dapat kamu temukan jika melihat peta nya:

  • Peta Jawa Timur yang memiliki 29 Kabupaten dan 9 Kota.
  • Peta Jawa Barat yang memiliki 18 Kabupaten dan 9 Kota.
  • Peta Jawa Tengah yang memiliki 29 Kabupaten dan juga 6 Kota.
  • Peta Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki 4 Kabupaten dan 1 kota saja.

Van Bemmelen membagi Pulau Jawa dalam tujuh satuan fisiografi sebagai berikut dan kamu harus tahu:

  • Pegunungan Selatan

Merupakan sebuah zona gamping bercampur sisa aktivitas vulkanis dari kala Miosen yang mengalami beberapa pengangkatan hingga periode Kuarter.

  • Zona vulkanis

Dari periode Kuarter, dengan gunung-gunung api tinggi, seringkali dengan puncak di atas 2000 m dari permukaan laut, membentang dari barat sampai ujung timur.

  • Depresi Tengah

Membentuk sebuah poros cekungan sebagai poros utama pulau, dengan dua depresi besar: depresi Bandung dan depresi Solo

  • Zona antiklinal Tengah

Terdiri dari sebuah endapan-endapan kala Miosen sampai Pleistosen, dimulai dari Gunung Karang terus ke timur melewati Bogor, lembah Serayu, lalu Pegunungan Kendeng, terus sampai ke pantai utara Besuki.

  • Depresi Randublatung

Merupakan depresi kecil memanjang di utara Pegunungan Kendeng, terbentuk dari endapan laut dan daratan.

  • Antiklinorium Rembang-Madura

Merupakan sebuah formasi perbukitan gamping di pantai utara Jawa Timur dan membentuk hampir semua bagian Pulau Madura

  • Dataran aluvial

Pesisir utara (Jalur Pantura) yang terbentuk dari sebuah delta dan endapan lumpur, dan merupakan daratan paling muda.

Pulau Jawa sendiri merupakan sebuah bagian dari gugusan kepulauan Sunda Besar dan paparan Sunda yang pada waktu itu masa sebelum es mencair. Dan merupakan sebuah ujung tenggara benua Asia dengan sisa-sisa fosil Homo Erectus dan populer di sebut sebagai manusia jawa. Dan dapat di temukan di sepanjang daerah tepian Sungai Bengawan Solo. Apabila kamu melihat peta jawa ini ternyata lebih padat penduduknya daripada pulau lain di tanah air. Pastinya Pulau Sendiri juga telah menjadi pusat sejarah peradaban yang sudah ada sejak zaman kerajaan. Dan salah satu kerajaan tersebut adalah Kerajaan Majapahit. Dan dengan adanya banyak sejarah secara otomatis juga menjadi tempat bersejarah yang banyak dikunjungi. Di pulau jawa sendiri memiliki tiga bahasa utama tetapi mayoritas nya penduduk banyak yang menggunakan bahasa jawa. Dan Bahasa Jawa sendiri merupakan bahasa ibu dari 60 juta penduduk di tanah air. Bahkan sebagian besarnya penutur yang berdiam di pulau jawa ini. Tentu saja sebagian besar penduduk ini juga terdiri dari bilingual dan berbahasa Indonesia secara baik adalah sebuah bahasa pertama atau juga kedua. Selain itu juga mayoritas dari pulau ini merupakan Muslim dan masih banyak keragaman aliran kepercayaan lainnya. Seperti agama, kelompok etnis, budaya di pulau Jawa ini. Pastinya kita sebagai warga negara Indonesia harus menggenggam teguh letak kebinekaan atau juga keberagaman bangsa Indonesia. Dan juga tetap menjaga NKRI.

 

 

Add Comment