sewa mobil elf di jakarta selatan

PENGERTIAN PETA JAWA BARAT DAN PENJELASAN LENGKAPNYA KAMU HARUS TAHU

Peta Jawa Barat juga merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi pada bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi.

Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

JAWA BARAT

Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa dan tentunya memiliki banyak sejarah dan juga telah dimulai sejak nenek moyang tanah air. Wilayah Peta Jawa Barat sendiri pada abad ke-5 merupakan sebuah bagian dari Kerajaan Tarumanagara. Dengan prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanagara yang banyak tersebar di Jawa Barat tentunya. Telah ada 7 prasasti yang ditulis dalam aksara wengi yang di gunakan dalam masa Palawa India dan bahasa sansekerta yang sebagian wilayah besarnya menceritakan para raja Tarumanagara. Provinsi Jawa Barat sendiri berada di bagian barat Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara. Di bagian timur dengan Jawa Tengah dan bagian selatan dengan Samudra Hindia. Pada bagian barat nya juga berbatasan dengan Banten dan juga DKI Jakarta. Pada kawasan pantai utara merupakan sebuah dataran rendah dan di bagian tengah merupakan sebuah pegunungan.

Dengan bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Memiliki titik tertinggi berada di Gunung Ciremay yakni 3078 mdpl dan berada di sebelah barat daya Kota Cirebon pastinya. Juga memiliki sungai – sungai yang cukup penting seperti Sungai Cimanuk dan juga Sungai Citarum yang bermuara di Laut Jawa. Tentu saja iklim di Jawa Barat sendiri adalah Tropis dan memiliki suhu 90 C di Puncak Gunung Pangrango dan suhu 340 C di Pantai Utara nya.

Ciri utama daratan Peta Jawa Barat ini merupakan bagian dari busur kepulauan Gunung Api yang aktif dan tidak aktif. Pastinya juga membentang dari ujung utara ke Pulau Sumatera hingga ujung utara Pulau Sulawesi. Daratan nya juga dapat di bedakan atas wilayah pegunungan curam di selatan dengan ketinggian lebih dari 1.500 m di atas laut pastinya. Pada wilayah lereng bukit yang landai di tengah memiliki ketinggian 100 – 1.500 mdpl, dan wilayah dataran luas di utara memiliki ketinggian 0 – 10 mdpl juga wilayah aliran sungai nya. Dengan melihat peta jawa barat kamu dapat mengetahui batas-batas pada masing-masing wilayah yang ada di jawa barat. Berhubungan dengan adanya letak geografisnya, tentunya memiliki sejarah masa lampau dan semua yang melibatkan Jawa Barat ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak hal yang dapat menarik wisatawan datang dan juga berkunjung ke Jawa Barat. Tentu saja sudah banyak yang mengenal Jawa Barat dan sebagai kota yang penuh dengan nilai historis nya. Dunia Internasional pun juga mengenal salah satu Kota di Jawa Barat sebagai Ibu Kota Asia Afrika yakni Kota Bandung. Kota Bandung sendiri juga pernah di bumi hanguskan pada saat masa penjajahan. Selain juga sejarahnya Bandung juga memiliki iklim yang dingin dan cocok untuk kamu jika ingin melepas penat.

Walaupun tidak lagi sedingin masa lalu tetapi tetap lebih dingin jika di bandingkan dengan luar kota Bandung. Kota Bandung juga memiliki budaya lokal yang juga mendunia pastinya yakni alat musi daerah seperti Angklung dan dengan penduduk mayoritas nya Sunda. Budaya lokal ini sudah di akui oleh UNESCO dan memiliki tari Jaipong, Wayang Golek dan berbagai kesenian lainnya. Memiliki banyak pesona lainnya yang juga di miliki Bandung ini. Berhubungan dengan letak geografisnya Jawa Barat ini memiliki andalannya yakni sebagai wisata alam. Dan banyak sekali objek wisata alam yang di tawarkan.

Jawa Barat terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota.

Kabupaten:

  1. Kabupaten Bandung
  2. Kabupaten Bandung Barat
  3. Kabupaten Bekasi
  4. Kabupaten Bogor
  5. Kabupaten Ciamis
  6. Kabupaten Cianjur
  7. Kabupaten Cirebon
  8. Kabupaten Garut
  9. Kabupaten Indramayu
  10. Kabupaten Karawang
  11. Kabupaten Kuningan
  12. Kabupaten Majalengka
  13. Kabupaten Pangandaran
  14. Kabupaten Purwakarta
  15. Kabupaten Subang
  16. Kabupaten Sukabumi
  17. Kabupaten Sumedang
  18. Kabupaten Tasikmalaya

Kota:

  1. Bandung
  2. Banjar
  3. Bekasi
  4. Bogor
  5. Cimahi
  6. Cirebon
  7. Depok
  8. Sukabumi

Kota-kota dengan hasil pemekaran sejak tahun 1996 adalah:

 

  • Kota Bekasi, di mekarkan dari Kabupaten Bekasi pada tahun 1996
  • Kota Depok, di mekarkan dari Kabupaten Bogor pada tahun 1999
  • Kota Cimahi, di mekarkan dari Kabupaten Bandung pada tahun 2001
  • Kota Tasikmalaya, di mekarkan dari Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 2001
  • Kota Banjar, di mekarkan dari Kabupaten Ciamis pada tahun 2002
  • Kabupaten Bandung Barat, di mekarkan dari Kabupaten Bandung tahun 2007
  • Kabupaten Pangandaran, di mekarkan dari Kabupaten Ciamis tahun 2012

BUDAYA JAWA BARAT

  • Rumah Adat

Jawa Barat sendiri juga memiliki salah satu rumah adat yakni Keraton Kasepuhan Cirebon. Rumah adat ini tentunya memiliki 4 ruangan dan di depan rumah tersebut terdapat pintu gerbang. Dengan 4 ruangan seperti Pringgodani, Prabayasa, Panembahan dan Jinem. Ruangan tersebut tentunya memiliki kegunaan masing-masing. Jinem sendiri digunakan untuk pengawal yang menjaga keselamatan Sultan. Pringgodani sendiri digunakan untuk Sultan yang memberikan perintah kepada adipati. Panembahan merupakan ruangan kerja dan juga istirahat Sultan. Dan yang terakhir adalah Prabayasa digunakan untuk menerima tamu.

  • Pakaian Adat

Tentu saja Jawa Barat memiliki pakaian adat untuk pria yang berupa tutup kepala atau destar, jas dengan leher tertutup. Dan sebuah keris yang terselip di pinggang nya yang menggunakan kain batik. Sedangkan untuk wanita sendiri menggunakan kebaya, kalung dan juga menggunakan kain batik. Untuk hiasan kepalanya sendiri menggunakan hiasan kembang goyang dan juga bunga melati.

  • Tarian Adat

Jawa barat sendiri memiliki tarian daerah tentunya seperti Tari Topeng Kuncuran. Selain itu juga memiliki Tari Merak, Tari Rarasati dan yang paling populer adalah Tari Jaipong. Tari Jaipong sendiri merupakan sebuah tarian pergaulan asli dari Provinsi Jawa Barat.

  • Senjata Tradisonal

Kujang merupakan sebuah senjata tradisional yang populer di Jawa Barat pastinya. Pada mata kujang juga terdapat lubang kecil yang memiliki jumlah 5. Senjata ini sendiri memiliki sarung yang juga terbuat dari kulit berwarna hitam. Senjata lain yang berasal dari Jawa Barat yakni Keris Kirompang, golok, Panah Bambu, Keris Kidongkol dan juga Tombak.

Add Comment