PETA INDONESIA LENGKAP DENGAN PENGERTIAN DAN SEJARAH

Peta Indonesia merupakan sebuah peta permukaan bumi yang dapat dibuat juga menggunakan berbagai proyeksi peta. Dengan Peta Indonesia ini dapat berupa sebuah peta politik bahkan fisik. Tentunya dengan tujuan utama peta politik juga merupakan menunjukkan batas teritorial. Tujuan nya peta fisik ini untuk menampilkan fitur geografi seperti pegunungan, jenis tanah atau juga penggunaan tanah nya. Tentu saja hidup di zaman ilmu pengetahuan dan telah terbuka secara umum pastinya. Memudahkan kamu dan kita semua dalam mencari informasi berkat berbagai penemuan dan juga penelitian yang dilakukan. Jika kamu ingin mengetahui juga letak pasti suatu negara yang belum pernah dikunjungi bahkan sama sekali asing. Maka kamu bisa membentangkan peta dunia untuk mengetahuinya.

Tentu saja keberadaan Peta Indonesia ini sudah seperti yang kamu kenal dan tidak lepas dari perkembangan peradaban makhluk hidup. Dan manusia sendiri pun juga butuh alat bantu penunjuk arah dan tempatnya. Khususnya bagi para pelayar yang juga siap menjelajah lautan luas. Bahkan tidak ada penunjuk arah yang pasti di laut dan dengan kemunculan bintang utara pastinya harus menanti sampai malam hari. Dengan kompas dan peta lah yang menjadikan acuan teman sejati nya. Sejarah juga telah mencatat bahwa aktivitas pelayar lah yang sudah mulai menghubungkan antar bangsa di berbagai benua bahkan seluruh belahan dunia.

Peta Indonesia merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi mengenai bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di Asia Tenggara dan dilintasi oleh garis khatulistiwa. Dan pastinya berada di antara daratan Benua Australia dan Benua Asia. Juga berada diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 17.504 pulau. Dengan nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Nusantara juga merupakan sebuah istilah yang dipakai di Indonesia. Untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera hingga Papua. Bentuk negara Indonesia ini juga negara kesatuan dan bentuk pemerintahan adalah Republik, dengan DPR, DPD dan juga Presiden yang dipilih secara langsung pastinya. Ibukota Indonesia ini adalah DKI Jakarta dan Indonesia ini berbatasan darat. Tentunya dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, Papua Nugini di Pulau Papua dan juga Timor Leste di Pulau Timor.

Negara lainnya yang bertetangga dengan Indonesia adalah Singapura, Filipina, Australia dan juga wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan juga Nikobar di negara India. Indonesia sendiri termasuk dalam cuaca tropis dan terletak di koordinat 60 LU – 11008’ LS dan dari 950 BT – 141045’ BT. Wilayah Indonesia ini tentunya terbentang luas sepanjang 3.977 mil dan diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Tentu saja sejarah negara Indonesia ini juga dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Dan kepulauan Indonesia sendiri menjadi wilayah perdagangan penting sejak abad ke- 7 sejak berdirinya kerajaan Sriwijaya.

Dan sebuah kemaharajaan Hindu – Buddha di Palembang. Waktu kerajaan Sriwijaya ini menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok juga India. Kerajaan-kerajaan tersebut yang beragama Hindu atau Buddha mulai tumbuh pada awal abad ke-4. Dan diikuti oleh adanya para pedagang dan ulama dari jazirah Arab yang membawa agama Islam sekitar abad ke-8 hingga 16. Lalu datang bangsa Eropa pada akhir abad ke-15 dan saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku. Pada saat masa penjajahan samudera setelah itu berada di bawah pimpinan penjajahan Belanda. Dan hampir 3 abad lamanya pada saat itu Indonesia bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya pada akhir perang Dunia ke II. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dan Indonesia sendiri mendapat tantangan lebih berat lagi dan sering terjadinya bencana alam. Dan juga praktik korupsi, konflik sosial, gerakan separatisme, periode pembangunan, proses demokratisasi, perubahan dan juga perkembangan sosial-ekonomi politik bahkan modernisasi yang pesat.

Tentu saja Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dai suku bangsa, bahasa dan agama pastinya. Berdasarkan rumpun bangsa Indonesia sendiri juga terdiri dari atas bangsa asli dari pribumi. Yakni Mongoloid Selatan atau juga Austronesia dan Melanesia di mana para bangsa Austronesia yang terbesar ini memiliki jumlah yang lebih besar dan lebih banyak. Dan sudah mendiami di Indonesia bagian barat, secara spesifik nya juga suku bangsa jawa merupakan suku bangsa terbesar.

Nama Pulau Yang Ada Di Indonesia:

  • Sumatera
  • Jawa
  • Bali
  • Nusa tenggara barat
  • Nusa tenggara timur
  • Lombok
  • Papua
  • Sulawesi
  • Sumba
  • Sumbawa
  • Timor
  • Kepulauan riau
  • Kalimantan
  • Buru
  • Maluku utara
  • Nugini
  • Trangan
  • Maluku

Kota Penting Di Indonesia:

Jakarta, Jambi, Jayapura, Kebumen, Kediri, Kendawangan, Kupang, Langsa, Lhokseumawe, Lunjuk-Besar, Makassar, Malang, Manado, Manokwari, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Palu, Pati, Pekalongan, Pontianak, Probolinggo, Rantauprapa, Rengal, Samarinda, Semarang, Singkawang, Sintang, Sorong, Sukabumi, Surabaya, Tandjungredeb, Tanjung Selor, Tegal, Yogyakarta, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Bogor, Cirebon, Denpasar, Dumai, dan Garut.

Lokasi Startegis Indonesia:

Laut Andaman, Laut Arafura, Laut Bali, Laut Banda, Laut Celebes, Laut Seram, Danau Danau Poso, Danau Ranau, Danau Tempe, Danau Toba, Danau Towuti, Laut Flores, Samudra Hindia, Laut Jawa, Selat Makassar, Maluku Laut, Laut Filipina, Laut Sawu, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Laut Sulu dan Laut Timor.

Provinsi Di Indonesia Beserta Ibu Kotanya:

  1. Aceh – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura

Add Comment