PENGERTIAN PETA ASEAN SECARA LENGKAP KAMU HARUS TAHU

Peta Asean juga merupakan sebuah gambaran tentang bagaimana permukaan bumi pada bidang datar dengan skala yang tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Atau juga peta adalah suatu gambaran permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan sebuah skala. Peta juga bisa disajikan dalam berbagai cara tentunya. Dari mulai peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta ini juga berasal dari bahasa Yunani Mappa yang artinya taplak atau kain penutup meja dan secara umum juga peta adalah lembaran seluruh bagian permukaan bumi. Dan berada di bidang datar yang dapat diperkecil atau juga diperbesar dengan menggunakan skala tertentu. Pada sebuah peta juga merupakan representasi dari dua dimensi suatu ruang tiga dimensi. Dan ilmu yang mempelajari pembuatan peta biasa disebut juga kartografi. Tentunya banyak peta yang mempunyai skala dan dapat menentukan berapa besar objek yang ada pada peta dalam kondisi keadaan yang sebenarnya. Tujuan pembuatan peta juga merupakan untuk membantu suatu pekerjaan juga, misalnya navigasi, pembuatan konstruksi jalan atau juga perencanaan. Dapat menganalisis data spasial seperti perhitungan volume, dan peta juga berfungsi untuk menyimpan informasi. Juga dapat membantu dalam pembuatan suatu desain, misal desain jalan atau juga komunikasi terhadap informasi uang.

PENGERTIAN PETA MENURUT DARI PARA AHLI

  1. Menurut Badan Informasi Geospasial (BIG)

Peta adalah wahana untuk penyimpanan dan penyajian data kondisi sebuah lingkungan yang dapat difungsikan bagi perencana dan pengambil keputusan dalam peningkatan pembangunan.

  1. Menurut KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta diartikan sebagai suatu gambar atau lukisan pada kertas yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai, gunung, dan lain sebagainya: representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat tentunya, seperti batas daerah, sifat permukaan, dan denah.

  1. Menurut ICA (International Cartographic Association)

ICA (International Cartographic Association) adalah lembaga asosiasi para kartografi seluruh dunia. Menurut ICA, peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

PETA ASEAN

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan di benua Asia di bagian tenggara. Pada kawasan ini juga mencakup Indo-China dan Semenanjung Malaya beserta kepulauan di sekitar. Berada di perbatasan dengan Negara Republik Rakyat Tiongkok di bagian utara, Samudra Pasifik di bagian timur. Dan Samudra Hindia di selatan dan juga Samudra Hindia, Teluk Benggala dan juga anak benua India di bagian barat. Peta Asean juga merupakan sebuah wilayah Asean dan memiliki perhimpunan bangsa-bangsa yang berada di wilayah tersebut. ASEAN juga termasuk cukup luas dan mencakup berbagai negara kepulauan. Termasuk juga di Indonesia sendiri. Memiliki luas wilayah mencapai 4.479.210,5 km2 dengan kepadatan penduduk nya sekitar 135 per km2. Tentunya dengan jumlah penduduk tersebut di perkirakan juga mencapai 601 juta pada sensus tahun 2010. Dan apabila kamu sudah melihat peta nya kamu juga akan melihat beberapa pulau-pulau kecil yang bertebaran di sepanjang Samudera. Dengan hal ini juga di karena kan memiliki banyak negara anggota ASEAN yang tentunya berupa negara kepulauan. Peta Asean ini juga memiliki nilai historis yang mendalam tentunya sehingga dalam sejarahnya sangat erat dengan pembentukan ASEAN. Dan sebagai negara kesatuan di Asia Tenggara. Dari gambar nya kamu dapat melihat Peta Asean ini terdiri dari negara-negara anggota ASEAN yang memiliki luas yang berbeda tentunya.

Tentunya masing-masing negara juga memiliki karakteristik sendiri dengan tampilan-tampilan yang juga terdapat di dalam peta tersebut. Peta Asean telah resmi di buat setelah dilakukannya pembentukan persyarikatan bernama ASEAN oleh 5 negara. Yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan juga Thailand. Dan selanjutnya diikuti oleh negara-negara lainnya seperti Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam, Kamboja. Tentunya masing-masing negara juga memiliki karakteristik geografisnya sebagai berikut:

  1. Indonesia

Indonesia juga merupakan negara yang menjadi anggota ASEAN pertama kali dan telah menjadi tempat di deklarasikan nya ASEAN ini. Memiliki luas wilayah sebesar 1.904.569 km2 dengan kepadatan penduduknya 124,66/km2. Ibukota Negara Indonesia ini adalah DKI Jakarta yang berada di Pulau Jawa. Dan letak geografis Indonesia berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, sebelah utara berbatasan dengan Singapura, Malaysia dan juga Laut China Selatan. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan sebelah timur Papua New Guinea.

  1. Malaysia

Merupakan negara kedua yang menjadi anggota Asean. Memiliki luas wilayah hingga 329.847 km2 dengan kepadatan penduduknya 92/km2. Ibukota Negara Malaysia ini Kuala Lumpur yang berada di Malaysia Barat. Secara geografis berada di perbatasan dengan Thailand dan Brunei Darussalam di sebelah utara. Samudra Hindia di bagian barat, Laut Cina Selatan di timur dan di Indonesia berada di selatan.

  1. Singapura

Memiliki luas wilayah yang terkecil dan berada di Semenanjung Malaya. Luas wilayahnya hanya 716 km2 dengan kepadatan penduduk 7697/km2. Ibukota Negara Singapura adalah Singapura dan dulunya memiliki sejarah dengan Malaysia. Pada bagian sebelah barat ada Selat Malaka dan batas utara nya Malaysia. Sebelah timur ada Laut Cina Selatan dan bagian selatan adalah Indonesia.

  1. Thailand

Merupakan negara yang dibentuk tanpa melibatkan pertumpahan darah. Memiliki luas wilayah hinga 513.120 km2 dengan kepadatan penduduk 131/km2. Ibukota Negara Thailand adalah Bangkok. Memiliki batas wilayah utara dengan Laos dan Myanmar. Barat Myanmar dan bagian timur berbatasan dengan Kamboja. Sebelah selatan dengan Thailand bahkan Negara ini juga disebut-sebut dengan negeri yang tidak pernah di jajah oleh bangsa Eropa.

  1. Filipina

Merupakan negara kepulauan terbesar kedua setelah Indonesia. Memiliki luas wilayah 300.000 km2 dengan kepadatan penduduk 339,19 km2. Ibukota Negara Filipina ini adalah Manila. Berada di perbatasan sebelah utara dengan Taiwan, sebelah barat Laut Cina Selatan dan di bagian timur Samudera Pasifik dan selatan dengan Laut Sulu.

  1. Brunei Darussalam

Merupakan Negara kecil dan terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) dan Ibukota Bandar Seri Begawan. Memiliki luas wilayah 5.765 km2 dengan kepadatan penduduknya 67,3 km2. Memiliki letak geografisnya pada sebelah barat, timur dan selatan dengan Malaysia. Dan pada bagian utara dengan Laut Cina Selatan. Dikenal dengan negeri kaya raya di Asia Tenggara.

  1. Vietnam

Ibukota negara ini adalah Hanoi dan memiliki luas wilayah 332.698 km2. Dengan kepadatan penduduk 268/km2 dan letak geografisnya berada di sebelah timur, selatan dengan Kamboja. Bagian barat dengan Laos dan Kamboja. Pada bagian utara dengan China.

  1. Laos

Ibukota negara ini adalah Vientiane dan memiliki luas wilayah 236.800 km2 dengan kepadatan penduduk 26,7 km2. Batas negara ini bagian barat dengan Myanmar, utara dengan RRC, timur dengan Vietnam dan selatan dengan Kamboja. Laos merupakan ini merupakan yang tidak berbatasan dengan perairan laut.

  1. Myanmar

Ibukota negara ini adalah Naypydaw dan memiliki luas wilayah 676.578 km2 dengan kepadatan penduduk 76/km2. Batas negara ini bagian barat dengan Bangladesh, utara dengan RRC, timur dengan Laos dan selatan dengan Teluk Benggala.

  1. Kamboja

Ibukota negara ini adalah Pnom Penh dan memiliki luas wilayah 181.035 km2 dengan kepadatan penduduk 81,8 km2. Batas negara ini bagian utara dengan Laos, bagian timur dan selatan dengan Vietnam dan bagian barat dengan Thailand.

 

Add Comment