PENGERTIAN UANG DAN PENJELASANNYA MENURUT PARA AHLI TERLENGKAP

Pengertian Uang adalah sebuah alat tukar uang juga di definisikan yang dapat di terima secara umum. Dengan alat tukar ini juga terdapat berupa benda apapun itu yang dapat di terima oleh setiap orang. Tentunya dalam proses pertukaran barang dan jasa nya. Tentunya dalam ilmu ekonomi modern uang juga di definisikan sebagai sesuatu yang sudah tersedia dan juga secara umumnya di terima sebagai alat pembayaran. Dan secara umum juga dapat di terima sebagai alat pembayaran juga bagi para pembelian barang – barang dan jasa – jasa nya. Serta dengan kekayaan berharga lainnya juga serta untuk membayarkan hutang. Dan beberapa ahli juga menyebutkan bahwa fungsi uang juga sebagai alat penunda pembayaran. Tentunya secara kesimpulan bahwa uang adalah suatu benda yang dapat di terima secara umum oleh masyarakat. Dan untuk mengukur nilai, menukar dan juga dapat melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa nya.

Pada waktu yang secara bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan nya. Tentunya keberadaan uang juga menyediakan alternatif transaksi yang juga lebih mudah dari pada barter. Karena juga lebih kompleks, tidak efisien dan juga kurang cocok jika di gunakan dalam sistem ekonomi modern tentunya. Di sebabkan karena membutuhkan orang yang juga memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran itu dan kesulitan juga dalam penentuan nilai nya.

SEJARAH UANG

Uang yang sudah kita kenal tentunya sudah mengalami proses perkembangan yang juga panjang. Dan pada mulanya, para masyarakat belum mengetahui tentang pertukaran karena setiap orang juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan nya sendiri. Dan jika seseorang sudah lapar maka membuat pakaian sendiri dan dari bahan – bahan yang sederhana. Mencari buah – buahan tentunya untuk di konsumsi sendiri singkat nya. Dan apa yang di peroleh itu juga yang di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. pada perkembangan selanjutnya yang di hadapi dengan kenyataan bahwa apa yang mereka produksi sendiri itu ternyata tidak mencukupi kebutuhan nya. Dan untuk memperoleh barang – barang yang tidak bisa di hasilkan sendiri maka mereka pun mencari seseorang untuk mau menukarkan barang yang mereka miliki. Dan di tukarkan dengan barang lain yang di butuhkan oleh mereka. Dan dengan kegiatan ini muncullah sistem barter atau barang yang ditukar dengan barang. Tetapi pada akhir nya dengan banyak kesulitan juga dengan kegiatan sistem ini. Mengenai kesulitan yang juga di rasakan tentang menemukan orang yang juga mempunyai barang yang diinginkan dan juga mau untuk menukarnya. Untuk memperoleh barang yang juga dapat dipertukarkan satu sama lain dengan nilai yang seimbang tentunya.

Untuk mengatasi nya tentunya menggunakan benda – benda tertentu sebagai alat tukar. Dan benda yang juga di tetapkan sebagai alat tukar itu adalah benda – benda yang di pilih dan bernilai tinggi. Seperti dapat di peroleh atau memiliki nilai magis dan mistik. Dan tentunya benda tersebut juga mencukupi kebutuhan primer sehari – hari. Seperti garam yang di peroleh seseorang Romawi dan di gunakan sebagai alat tukar atau sebagai alat pembayaran upah nya. Dan pengaruh orang Romawi juga tersebut masih terlihat sampai sekarang. Tentunya dengan alat tukar yang sudah ada tetapi kesulitan dalam pertukaran tetap ada. Seperti benda yang di jadikan alat tukar belum tentu mempunyai pecahan sehingga menentukan nilai uang, penyimpanan dan pengangkutan dapat menjadi sulit. Dan juga menimbulkan kesulitan akibat kurang nya daya tahan benda tersebut. Kemudian muncul Uang Logam karena memiliki nilai tukar yang tinggi dan mudah di gemari oleh umum. Dan juga tahan lama, dan tidak mudah rusak. Logam yang menjadi akat ukur karena telah memenuhi syarat seperti emas dan perak. Uang logam emas dan perak ini juga di sebut dengan uang penuh atau Full Bodied Money. Yakni nilai intrinsik uang sama dengan nilai nominal nya. Pada saat itu juga semua orang memiliki hak untuk menempa uang, melebur atau juga menjual dan memakainya dan mempunyai hak yang tidak terbatas dalam menyimpan uang logam.

PENGERTIAN UANG MENURUT PARA AHLI

Menurut Dennis Home Robertson

Definisi uang menurut Dennis home Robertson tertuang dalam bukunya yang berjudul Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang dapat diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang”.

Menurut A. C. Pigou

Definisi uang menurut A. C. Pigou tertuang dalam bukunya yang berjudul the Veil of Money “money are those things that are widely used as a media for exchange” yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar”.

Menurut Rolling G. Thomas

Definisi uang menurut Rolling G. Thomas tertuang dalam bukunya yang berjudul Our Modern Banking and Monetary System, ia mengatakan bahwa “money is something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services and other valuable assets and for the payments for debts, yang artinya menyatakan bahwa “uang ialah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang”.

Menurut Mankiw

Uang ialah persediaan aset yang bisa dengan segara digunakan untuk melakukan transaksi, selain itu uang merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, uang memiliki satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, memudahkan pertukaran barang dan jasa, mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

Menurut Albert Gailort Hart

Dalam bukunya yang berjudul Money Debt and Economic Activity, ia mendefinisikan uang sebagai suatu kekayaan yang dimiliki uantuk dapat melunasi utang dalam jumlah tertentu dan pada waktu yang tertentu pula.

Menurut Walker

Mendefinisikan uang dengan mengatakan “money is what money does”, yang artinya uang ialah semua hal yang dapat dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang ialah uang karena fungsinya sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain.

Menurut Hukum

Menurut hukum, uang ialah benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang ialah suatu benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, bila dilihat menurut nilainnya, uang itu merupakan satuan hitungan yang dapat menyatakan sebuah nilai.

Menurut Ensiklopedia Indonesia

Uang merupakan segala sesuatu hal yang dapat digunakan dan juga umumnya dapat diterima sebagai alat penukar atau sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang serta sebagai pengukur standar daya beli.

Menurut Rolling G. Thomas

Uang merupakan segala sesuatu yang telah tersedia dan pada umumnya dapat untuk diterima sebagai alat untuk membayar barang atau pun jasa, serta sebagai alat untuk melunasi utang.

Menurut Kasmir

Uang ialah alat tukar menukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang maupun jasa. Dengan kata lain uang dapat dilakukan untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang dan jasa.

Menurut KBBI

Mendefinisikan uang ialah alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

 

Add Comment