sewa elf di jakarta barat

PENGERTIAN TOLERANSI SECARA LENGKAP DENGAN JENIS DAN CONTOHNYA

Pengertian Toleransi secara bahasa adalah berasal dari bahasa latin “tolerare”. Dan toleransi artinya adalah sabar dan menahan diri. Toleransi juga didapat atau berarti suatu sikap yang saling menghormati satu sama lain. Dan juga menghargai antar kelompok atau antar individual dalam masyarakat atau lingkungan. Untuk sikap toleransi ini dapat menghindari terjadinya diskriminasi atau juga terdapat banyak kelompok atau golongan yang berbeda. Kata toleransi juga berasal dari bahasa latin “tolerantia” yang juga berarti kelonggaran, kelembutan hati, keringanan dan juga kesabaran. Dalam bahasa inggris “tolerance” yang berarti membiarkan, mengakui dan juga menghormati keyakinan orang lain tanpa persetujuan. Dan dalam bahasa arab tentunya arti toleransi merujuk pada kata “tasamuh” yang artinya saling mengizinkan atau saling memudahkan. Dan menurut bahasa arti dari toleransi adalah menahan diri, bersikap sabar, dan membiarkan orang – orang berpendapat yang berbeda.

Dengan berhati yang lapang terhadap orang – orang yang memiliki pendapat yang berbeda. Sedangkan itu untuk menurut istilah, arti dari toleransi yakni bersikap menghargai dan membebaskan orang lain (kelompok) untuk berpendapat. Dan melakukan hal yang tidak sependapat atau sama dengan kita tanpa melakukan tindakan intimidasi terhadap orang atau kelompok tersebut. Dengan sikap menghargai dan tentunya menghormati perbedaan antar sesama manusia. Sehingga kita harus selalu menjunjung tinggi slogan “Berbeda – Beda Tetapi Tetap Satu Jua”.

Adapun juga pengertian toleransi secara umum adalah suatu sikap yang saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau juga individu dalam lingkungan lainnya. Dengan memberi kebebasan kepada individu atau kelompok lain untuk menjalankan keyakinannya, untuk mengatur hidupnya sehingga menentukan nasib masing-masing. Asalkan semuanya masih dalam suatu koridor yang tidak ada bertentangan dengan syarat terciptanya kedamaian dalam masyarakat. Toleransi juga terjadi dan berlaku karena adanya perbedaan prinsip, pemikiran dan juga perbedaan. Atau juga prinsip orang lain tanpa harus mengorbankan prinsip dan pemikirannya sendiri. Pada sikap toleransi ini juga sangat penting dan perlu dimiliki juga oleh setiap individu atau kelompok lainnya. Dalam masyarakat agar terjalin hubungan sosial yang baik dan juga menentramkan. Yang merupakan syarat suksesnya proses asimilasi di dalam kehidupan masyarakat.

Pada sikap toleransi ini juga mampu untuk menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun itu banyak yang juga terdapat kelompok tertentu. Tanpa adanya sikap toleransi ini, maka pada masyarakat sendiri akan mengalami susah untuk bersatu. Dan tentunya akan bermunculan berbagai masalah dan juga konflik sosial. Seperti permusuhan dalam suatu kelompok, pertengkaran antar individual hingga saling mematikan antar kelompok contohnya. Sikap toleransi yang tumbuh dari masing – masing individu ini tentunya memberikan nilai positif tersendiri jika terjun ke masyarakat sekitarnya. Dan lingkup toleransi juga bukan hanya pada satu bidang saja melainkan cukup banyak bidang yang juga membutuhkan sikap toleransi.

PENGERTIAN TOLERANSI MENURUT PARA AHLI

  • Menurut W.J.S Purwadarminta

Toleransi merupakan sikap atau sifat yang menenggang berupa menghargai serta membolehkan suatu pendirian, pandangan, kepercayaan, pendapat maupun yang lainnya yang berbeda dengan pendirian sendiri.

  • Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi toleransi adalah sifat atau sikap toleran; batas ukur untuk penambahan atau pengurangan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih bisa diterima dalam pengukuran kerja.

  • Menurut Dewan Ensiklopedi Indonesia

Arti toleransi dalam aspek sosial, politik, merupakan suatu sikap membiarkan orang untuk mempunyai suatu keyakinan yang berbeda. Selain itu menerima pernyataan ini karena sebagai pengakuan dan menghormati hak asasi manusia.

  • Menurut Ensiklopedi American

Toleransi memiliki makna sangat terbatas. Ia berkonotasi menahan diri dari pelanggaran dan penganiayaan, meskipun demikian, ia memperlihatkan sikap tidak setuju yang tersembunyi dan biasanya merujuk kepada sebuah kondisi dimana kebebasan yang di perbolehkannya bersifat terbatas dan bersyarat.

  • Micheal Wazler (1997)

Arti toleransi menurut pandangan Michael dapat diartikan sebagai keniscayaanya dalam ruang individu dan ruang public karena salah satu tujuan toleransi adalah membangun hidup damai (peaceful coexistence) diantara berbagai perbedaan latar belakang sejarah, kebudayaan dan identitas.

  • Djohan Efendy

Menurut djohan, pengertian toleransi adalah sikap menghargai terhadap kemajemukan. Dengan kata lain sikap ini bukan saja untuk mengakui eksitensi dan hah-hak orang lain, bahkan lebih dari itu, terlibat dalam usaha mengetahui dan memahami adanya kemajemukan.

  • Heiler

Ia menyatakan toleransi yang diwujudkan dalam kata dan perbuatan harus dijadikan sikap menghadapi pluralitas agama yang dilandasi dengan kesadaran ilmiah dan harus dilakukan dalam hubungan kerjasama yang bersahabat dengan antar pemeluk agama.

 

JENIS – JENIS TOLERANSI

  1. Toleransi Budaya

Toleransi Budaya ini juga salah satu bentuk dari toleransi yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat sendiri. Karena budaya yang tidak seharusnya sama menyebabkan adat serta istiadatnya juga berbeda. Karena itu kita harus mendapat regulasi yang mengatur ke aneka garaman yang ada.

  1. Toleransi Agama

Toleransi Agama ini juga menjadi hal utama yang paling dibutuhkan karena biasanya digunakan untuk sesama umat beragama. Dan agama ini juga menjadi segmen paling penting dalam setiap kelangsungan hidup masyarakatnya. Dengan keyakinan pada masyarakat saat melaksanakan agama juga terdapat perbedaan yang tentunya tidak baik diikuti. Pada toleransi ini juga menimbulkan perpecahan serta peperangan dalam masyarakat itu sendiri.

  1. Toleransi Politik

Toleransi Politik ini juga menjadi bagian dari toleransi. Dengan perbedaan pilihan dalam kepemimpinannya juga merupakan salah satu sumber masalah sosial juga. Dan semua ini juga di sebabkan tidak adanya sikap saling menghargai pilihan masing – masing individu. Dan dapat menimbulkan perpecahan serta permusuhan hanya karena berbeda pilihan.

 

CONTOH SIKAP TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN

  • Pergaulan, dalam sisi ini yang menjadi salah satu perwujudan sikap toleransi adalah dapat memberikan contoh. Seperti menjalankan aktivitas untuk bertukar atau bermain di rumah teman tentunya. Dan dalam pergaulan itu tentunya tidak membedakan agama, budaya dan sukunya.
  • Sekolah, dalam lembaga ini tentunya pendidikan memberikan sikap toleransi. Misalnya saja seperti satu sekolah dengan berbagai orang yang dari luar daerah.
  • Agama, dalam sikap toleransi tentunya agama sangat memerlukannya. Karena di tanah air kita ini secara spesifik telah melahirkan lembaga yang juga berusaha dalam segala bentuk hubungan kepada yang maha pencipta nya.
  • Kehidupan sehari – hari, dengan adanya tindakan toleransi dalam kehidupan ini misalnya saat sekolah atau mempunyai teman yang berbeda agama misalnya. Lembaga pendidikan sekarang memiliki tanggung jawab yang besar untuk memberikan penanaman sikap toleransi ini kepada semua muridnya.
  • Islam, adapun juga contoh dari sikap toleransi dalam agama Islam. Dan yang mana pada fase Islam tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama islam ini. Karena semua agam memiliki sikap penghormatan.

 

MANFAAT SIKAP TOLERANSI

  • Sikap ini juga bermanfaat untuk menghindari dari peperangan an perpecahan.
  • Memperkuat keimanan kita.
  • Menimbulkan rasa cinta terhadap negara sendiri.
  • Dapat mempererat hubungan antar sesama manusia pastinya.
  • Sikap ini juga dapat menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah.
  • Dan tentunya dapat mengendalikan sikap egois.
  • Menghadirkan rasa kekeluargaan.
  • Menciptakan suatu keharmonisan dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.
  • Dan menciptakan suatu kedamaian dengan ketenangan dan aman pastinya.
  • Tentunya sikap ini menghindari dari perpecahan dan konflik dalam masyarakat.
  • Meningkatkan rasa persaudaraan tentunya.
  • Sikap toleransi ini dapat melatih diri untuk saling menghargai satu sama lain.
  • Mudah mencapai kata mufakat pastinya.
  • Sikap ini juga dapat menahan angkara murka.
  • Tentunya sikap ini menjadi tidak merasa diri sendiri paling benar.

Add Comment