MELAHIRKAN SECARA NORMAL? INILAH PERSIAPAN YANG WAJIB DILAKUKAN!

MELAHIRKAN SECARA NORMAL? INILAH PERSIAPAN YANG WAJIB DILAKUKAN!

Setelah mengandung, maka proses selanjutnya yakni tahap melahirkan. Proses melahirkan ini merupakan peristiwa yang paling menakutkan dan mendebarkan pada setiap wanita. Sebab, bayi yang dikandung ini akan lahir ke dunia dan memang sudah ditunggu-tunggu kelahirannya. Walaupun sudah ditunggu-tunggu, tetap saja proses melahirkan ini juga merupakan hal yang banyak mendatangkan ketakutan bagi setiap ibu hamil. Dengan melahirkan ini memang mempertaruhkan nyawa sebab melahirkan ini membutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Di saat memasuki trimester akhir atau dekat dengan proses persalinan ini banyak ibu hamil yang mulai takut dan merasa khawatir untuk proses persalinannya. Dalam mendapatkan persalinan yang nyaman maka tentu saja hal ini harus mempersiapkannya. Dalam proses persalinan ini memang terdapat berbagai macam persalinan, seperti persalinan normal. Persalinan secara normal ini memang minim resiko dan umumnya persalinan ini berlangsung kurang dari 24 jam. Dalam melahirkan secara normal ini juga dipengaruhi beberapa faktor yakni kekuatan saat mengejan, kondisi jalan lahir dan juga kondisi bayi. Kemudian persalinan secara Caesar, persalinan Caesar ini dilakukan jika ada masalah yang dapat mengancam nyawa ibu dan bayi. Persalinan dibantu alat, ini dilakukan apabila keadaan tertentu persalinan normal tidak bisa dilakukan, dan harus menggunakan alat, sebab dengan bantuan ini karena tenaga ibu habis untuk mengejan. Dan yang terakhir yaitu persalinan dalam air, merupakan cara persalinan normal dengan modifikasi. Yakni ibu berendam dalam kolam yang diisi dengan air hangat untuk proses melahirkan. Sehingga hal ini bisa anda konsultasikan dengan dokter proses persalinan apa yang tepat bagi anda.

Persiapan Melahirkan Secara Normal

Dalam mempersiapkan persalinan ini maka banyak hal yang perlu anda perhatikan. Sebab, dengan telah mempersiapkan hal ini maka tentu saja pada saat kontraksi anda bisa langsung membawanya tanpa harus ribet. Sehingga ibu hamil ini perlu mempersiapkan sebelum bayi lahir, yakni mempersiapkan perlengkapan bayi serta persiapan lain yang lebih penting guna mempersiapkan proses persalinan. Berikut beberapa persiapan yang wajib dilakukan bagi ibu hamil;

  • Persiapan mental

Menjelang proses persalinan maka tentu saja persiapan mental dan emosional ini perlu. Sebab, kedua hal tersebut memang hal yang tidak mungkin terpisahkan saat proses persalinan. Sehingga hal ini tentu saja sangat diperlukan, terlebih jika anda baru pertama kali melahirkan. Tentu saja hal ini menjadi sebuah hal yang menakutkan dan selalu dihantui rasa sakit yang dialami. Oleh karena itu, latihan mental ini dapat membuat anda lebih siap dalam melahirkan.

  • Melakukan latihan sederhana

Untuk membantu proses melahirkan anda mudah, maka anda bisa melakukan latihan sederhana. Latihan ini memang tentu saja dapat memudahkan proses persalinan, yakni dengan latihan kegel. Latihan kegel ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya proses melahirkan ini lebih cepat. Dengan latihan kegel ini juga dapat mencegah pembekuan darah dan wasir, dapat mencegah episiotomi, dan otot membantu perut serta rahim lebih kuat.

  • Mempersiapkan rumah sakit dan bidan

Untuk melahirkan ini memang membutuhkan rumah sakit serta bidan, sehingga harus dipersiapkan secara jauh-jauh hari. Pastikan dalam memilih dokter dan rumah sakit ini yang tepat agar saat proses melahirkan ini lebih nyaman.

  • Mempersiapkan barang yang harus dibawa

Sudah pasti dalam proses melahirkan ini ada beberapa barang yang harus anda bawa, sehingga tentu saja hal ini harus dipersiapkan agar tidak tertinggal. Seperti perlengkapan bayi, jam tangan, pakaian untuk persalinan, minyak untuk memijat, pakaian dalam, ikat rambut, dan peralatan mandi.

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *