MACAM-MACAM BATIK YANG DIGUNAKAN SAAT UPACARA PERNIKAHAN

Batik merupakan salah satu kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya jawa. Batik merupakan warisan dari nenek moyang bangsa indonesia sejak dahulu kala. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun temurun dalam keluarga. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan hingga saat ini ada beberapa motif batik tradisional yang hanya boleh dipakai oleh keluarga kraton yogyakarta dan surakarta. Jenis corak batik tergolong banyak, namun setiap motif dan corak batik memiliki makna filosofi yang beragam. Perempuan masa dulu menjadikan keterampilan membatik sebagai mata pencaharian. Namun semenjak perkembangan industri dan globalisasi, banyak muncul batik jenis baru yang sering disebut batik cetak.

7 Motif Batik Untuk Upacara Pernikahan

Dalam perkembangannya batik ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas. Batik yang tadinya hanya menjadi pakaian keluarga istana, kemudian mejadi pakaian rakyat yang digemari. Sedangkan corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya batik memilki ragam corak dan warna terbatas yang hanya boleh digunakan dikalangan tertentu. Namun sekarang batik sudah memiliki warna-warna cerah karena sudah terpengaruh oleh budaya luar.

Dalam sebuah pernikahan adat jawa, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Mulai dari dekorasi, rangkaian acara, hingga pakaian yang akan dikenakan. Dalam rangkaian ini, anda juga harus memperhatikan berbagai elemen. Salah satunya adalah kain batik yang dikenakan sebagai pakaian. Tidak semua kain batik boleh dipergunakan. Ada motif-motif kain yang tidak diperbolehkan untuk dipakai, dan ada motif yang memang di peruntukan untuk acara pernikahan. Berikut motif batik yang digunakan dalam acara pernikahan, yaitu:

  1. Motif truntum

Motif ini memiliki ciri bentuknya yang kecil-kecil. Motif truntum merupakan salah satu motif batik yang dikenakan orang tua saat midodareni dan panggih. Karena merupakan simbol cinta tanpa syarat, abadi dan akan semakin subur berkembang. Dengan mengenakan motif ini, diharapkan agar kasih sayang kedua orang tua akan senantiasa meliputi kedua mempelai.

  1. Motif grompol

Motif grompol adalah salah satu kain batik yang masuk ke motif ceplok. Kain batik ini biasanya digunakan saat upacara siraman. Pemakaian kain ini diharapkan dapat membuat seseorang memiliki masa depan yang cerah, selalu mendapatkan berkah. Memiliki banyak rezeki dan anak, hingga diliputi ketentraman, kerukunan, kesejahteraan dan kedamaian dalam keluarga.

  1. Motif sido asih

Kain sido asih memiliki simbol sebagai cinta yang agung. Kain batik ini dikenakan oleh pengantin saat hari pernikahan. Warna dalam dalam batik ini dilambangkan sebagai perasaan yang harus dimiliki dua orang yang akan menikah sebelum mantap melanjutkan ke sesi yang lebih serius. Mereka juga diharapkan memiliki sifat yang saling asih, asah dan asuh.

  1. Motif sido mukti

Kain ini biasanya dipakai oleh pengantin. Biasanya kain ini dipakai saat akad nikah atau pemberkatan agar pengantin memiliki sifat yang mengerti dan pemurah terhadap sesama. Arti kata mukti sendiri adalah kehidupan yang sejahtera dan makmur. Namun ternyata makna motif ini lebih dalam yaitu sampai kehidupan di akhirat.

  1. Motif sido luhur

Motif ini menggambarkan kehidupan saat hidup di dunia. Motif ini terdiri sari beberapa hal seperti pohon hayat, meru, burung, tumbuhan, dan garuda bersayap satu. Dengan harapan pengantin memiliki kepribadian luhur. Dan mereka juga diharapkan untuk bisa lebih bijaksana saat hidup bersama. Sehingga berbagai permasalahan dapat dilewati dengan tabah dan lancar.

  1. Motif parang kusumo

Motif parang kusumo merupakan motif yang memiliki ciri khas berupa bentuk yang diagonal. Motif ini biasanya dikenakan di busana pernikahan kesatrian ageng. Motif parang kusumo secara keseluruhan berbentuk diagonal terdiri dari dua motif utama.

  1. Motif cakar ayam

Motif cakar ayam dalam batik melambangkan semangat hidup manusia di masa mendatang dalam mencari nafkah sendiri dan mewujudkan kesejahteraan seumur hidup. Motif ini akan membentuk seolah persegi yang terdiri dari berbagai motif cakar ayam di dalamnya.

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *