Kenali Jenis Kain Untuk Bahan Pakaian Dan Karakteristiknya 

Pakaian memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk semua orang. Bahkan untuk mendapatkan baju yang diinginkan ada banyak orang yang rela mencari baju sampai penjuru dunia. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini, sudah bisa memudahkan anda untuk mencari baju yang anda inginkan dan salah satunya dengan belanja online yang mana saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Akan tetapi masih ada banyak orang yang merasa ragu untuk membeli baju secara online. Sebab mereka lebih nyaman melakukan transaksi jual beli secara konvensional dengan alasan mengetahui secara langsung barang yang akan dibelinya. Terutama untuk para perempuan yang mana lebih selektif dalam memilih barang sangat wajib untuk mengetahui jenis material dari barang yang akan dibeli. Mengetahui jenis bahan dalam membeli baju memang sangat penting karena sangat erat kaitannya dengan banyak hal yang mempengaruhinya. Jika anda salah dalam memilih bahan maka bisa berakibat sangat fatal. Selain bisa merusak kenyamanan saat dikenakan, bisa juga membentuk kesan yang tidak kita inginkan misalnya baju yang terlihat gemuk dan terlihat pendek. Ketakutan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak orang yang masih ragu dalam membeli baju online.

baca juga : konveksi kaos di depok

baju online

Jenis Kain Dan Karakteristik Bahan 

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa jenis bahan kain dengan berbagai macam karakteristik, fungsi dan kualitasnya. Dari berbagai ragam jenis kain yang sudah tersedia, tidak bisa sembarangan kain bisa digunakan untuk semua model pakaian. Sebab setiap model pakaian memiliki karakteristik, fungsi dan tujuannya sendiri. Pemilihan akan jenis kain memang sangat menentukan kesesuaian dan kenyamanan dari model pakaian. Jika jenis kain tersebut tidak sesuai, maka akan mengakibatkan pakaian menjadi unfashionable dan uncomfortable. Yang mana berkaitan dengan hal tersebut, maka sangat penting untuk para pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pakaian. Sangat penting untuk mengetahui masing-masing karakteristik dari bahan kain. Hal ini dikarenakan sangat beragam dan akan sangat membingungkan bagi orang yang masih awam. Oleh karena itu, kita harus mengenal lebih jauh lagi karakteristik, fungsi dan jenis kain diantaranya:

  • Cotton combed

Cotton atau katun yang terbuat dari kapas ini merupakan salah satu kain yang paling populer digunakan untuk kaos oblong dan atasan. Bahan kain yang terbuat dari kapas alami ini memiliki tekstur yang halus, adem dan juga mudah menyerap keringat. Hal itulah yang membuat kaos ini sangat populer di Indonesia karena sangat cocok dengan iklim tropis. Ada beberapa jenis cotton combed diantaranya combed 20s, 24s, 30s yang sesuai dengan ketebalan dari bahan tersebut. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin tipis sehingga kain 30s merupakan cotton combed yang paling tipis.

  • Brokat

Untuk jenis kain yang satu ini mungkin sudah ada beberapa orang yang mengenal brokat sebagai sebuah kebaya. Namun bukan itu, brokat adalah jenis kain yang sering digunakan untuk menciptakan kesan yang mewah dan elegan. Brokat sendiri berasal dari kata broccato yang memiliki arti kain yang disulam. Namun kain itu lebih terkenal sebagai kebaya karena memang sebagian besar kebaya yang ada di Indonesia memang menggunakan bahan dasar brokat.

  • Spandex

Untuk jenis kain yang satu ini memiliki sifat yang elastis. Ada beberapa orang yang menyebut kain yang satu ini dengan kain Lycra. Spandex dibuat dari bahan sintetis yang sangat kuat. Yang mana memiliki karakteristik yang elastik dan lembut, kain spandex ini juga memberikan kelembutan dan adem saat digunakan.

Related