sewa elf di jakarta barat

ALAT MUSIK DAERAH BESERTA PENJELASANNYA

Alat musik daerah yang ada di Indonesia memang cukup beragam. Ditambah lagi keanekaragaman budayanya, bahasa, dan kuliner semakin menambah keunikan indonesia itu sendiri. Alat musik memang menjadi sebuah media yang umum digunakan sebagai pengiring pertunjukan. Tidak hanya itu, nyatanya beberapa peralatan tersebut juga erat kaitannya dengan sejarah atau budaya dari tempat asalnya. Di negara – negara lain pun juga seperti itu, dan hal ini pun juga berlaku di Indonesia. Seperti yang anda tahu di Indonesia memang terdapat banyak sekali alat musik daerah yang khas dan unik.  Bahkan keunikannya ini tidak hanya dari segi bentuk saja namun juga mampu menghasilkan suara yang merdu.  Di setiap daerah memiliki kesenian dan kebudayaan yang berbeda – beda. Dan hal ini juga dipengaruhi dengan hadirnya alat musik yang digunakan.  Karena dalam sebuah pertunjukan seni dan budaya, kita pasti akan melihat adanya pemain dan beberapa alat musik.  Dimana alat musik ini digunakan untuk mengiringi setiap pertunjukkan tersebut. Dalam setiap pertunjukan yang dilakukan tidak hanya menggunakan alat modern saja melainkan juga menggunakan alat musik tradisional. Bahkan penggunaan alat musik daerah ini masih digunakan hingga saat ini. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi generasi selanjutnya. Dimana tradisi ini akan terus tetap terjaga hingga saat ini.

Macam – Macam Alat musik daerah Di Indonesia

Nah, seperti yang anda tahu bahwa di setiap daerah khusus di indonesia pasti memiliki alat musik tradisonal yang bermacam – macam. Tidak hanya digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan saja. Namun alat ini juga digunakan untuk menjadi bukti sejarah maupun sarana edukasi bagi masyarakat. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Indonesia telah memiliki banyak sekali alat musik baik modern maupun tradisonal. Bahkan diantaranya sudah ada yang terkenal hingga keluar negeri.  Selain digunakan sebagai alat musik, nyatanya beberapa diantaranya juga kental akan nilai budaya dan kearifan lokal. Untuk pembahasan yang lebih lengkap silakan simak berbagai jenis Alat musik daerah dibawah ini;

 

  1. Sasando

Alat musik daerah yang satu ini menjadi alat musik pertama di Indonesia. Alat musik yang satu ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat karena bentuknya yang unik. Suara yang dihasilkan pun sangat unik dan merdu. Karena hal ini pula yang membuat sasando menjadi lebih unik, bahan pembuatnya pun berasal dari bahan lontar sebagai bahan utamanya. Nah, alat musik yang satu ini memang berasal dari tanah rote di wilayah Nusa tenggara timur. Untuk memainkan alat yang satu ini anda bisa memainkannya dengan cara dipetik layaknya seperti gitar. Hanya saja tidak semua orang dapat memainkannya secara merdu karena harus memiliki keterampilan khusus. Sasando ini sendiri mulai dikenal sejak dalam ajang kontes WOW 2013.

 

  1. Kendang

Alat musik daerah, gendang ini memang menjadi salah satu alat yang cukup terkenal Indonesia. Banyak digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan baik modern maupun tradisional. Sudah banyak masyarakat indonesia mengenal alat musik yang satu ini. Namun penggunaan gendang ini lebih banyak digunakan dalam pertunjukan bertema masyarakat jawa. Cara untuk memainkannya sangatlah mudah, yakni dengan cara dipukul. Di setiap sisi memiliki nada yang berbeda – beda dan saat dimainkan biasanya akan disesuaikan dengan alat musik yang lain.

 

  1. Angklung

Angklung juga menjadi Alat musik daerah yang cukup terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Alat musik berbahan bambu yang satu ini tentu banyak dikenal oleh masyarakat. Selain bentuknya yang cukup unik, angklung juga mampu menghasilkan suara yang cukup merdu. Angklung ini berasal dari wilayah jawa barat dan sudah diakui sebagai warisan budaya Indonesia dan UNESCO. Selain alat ini bisa dimainkan sendiri, angklung juga bisa dipadukan dengan alat musik seperti orchestra atau pertunjukan seni. Bahkan peminat alat musik yang satu ini tidak hanya datang dari Indonesia saja melainkan juga datang dari orang asing. Menariknya lagi mereka pun turut untuk mempelajari musik angklung ini.

 

  1. Bonang

Alat musik daerah, Bonang ini memang menjadi alat musik yang harus dilestarikan. Dimana alat musik ini dari daerah tanah jawa khususnya jawa timur. Untuk memainkan alat yang satu ini memang cukup simple yakni dengan cara di pukul. Pada bagian sisi diatasnya. Seperti alat musik jawa yang lainnya, alat musik ini juga cukup mendunia. Banyak juga orang asing yang mencoba untuk belajar memainkan alat musik yang satu ini.

 

  1. Gamelan

Alat musik tradisional yang satu ini juga berasal dari pulau jawa yakni gamelan.  Secara umum alat musik yang satu ini terdiri dari beberapa alat musik dan instrumen dasar maupun pengiring. Walaupun gamelan terlihat kuno, nyatanya gamelan masih banyak digunakan dalam beberapa acara.  Seperti wayang, ketoprak, kuda luping dll.  Alat musik gamelan ini memang cukup mendunia dan sudah menjadi kurikulum wajib di beberapa sekolah di amerika.

 

  1. Gong

Gong adalah Alat musik daerah yang mana hingga saat ini masih digunakan untuk pertunjukan.  Bahan dasar untuk membuat gong ini berasal dari kuningan. Alat ini pun mampu memberikan efek suara yang cukup unik. Biasanya gong ini banyak digunakan dalam pergelaran wayang atau kesenian jawa.  Namun seiring dengan perjalanan waktu, gong juga banyak digunakan untuk simbol perdamaian antar bangsa.

 

  1. Kecapi

Selain alat musik yang dipukul, indonesia juga memiliki alat musik yang dipetik yakni namanya kecapi. Alat musik daerah yang satu ini memang berasal dari sulawesi barat dan memiliki bentuk yang cukup sederhana. Nada yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi pendengarnya. Biasanya dalam pertunjukan kecapi ini dimainkan oleh seorang diri. Hal ini dikarenakan kecapi memiliki nada yang unik dan beda pada setiap senarnya. Bahkan musik yang dihasilkan oleh kecapi ini sangat cocok untuk relaksasi diri.

 

  1. Saluang

Alat musik daerah yang satu ini juga berasal dari daerah Sumatra barat. Bahkan hingga kini alat musik ini masih dimainkan dan dilestarikan. Secara umum alat musik yang satu ini mirip dengan suling. Perbedaannya terdapat pada lubang udaranya. Jika pada saluang memiliki 4 lubang tentu nada yang dihasilkan lebih sederhana. Selain sebagai alat musik tradisional, saluang juga memiliki nilai yang cukup magis. Konon alat musik saluang ini mampu menghipnotis penontonnya.

 

  1. Tifa

Sekarang kita akan bahas alat musik di wilayah indonesia tepatnya di papua. Alat musik daerah papua ini bernama tifa. Merupakan jenis alat musik khas untuk masyarakat Maluku dan Papua. Cara memainkan alat musik tifa adalah dengan cara dipukul dengan bentuk fisik seperti tube. Walaupun memiliki bentuk yang cukup sederhana, alat ini cukup diminati oleh banyak turis yang berkunjung. Untuk alat musik ini juga sering dibeli untuk oleh – oleh maupun cindera mata. Uniknya lagi, di setiap pembuatan ada diberi ukiran khas Maluku atau Papua yang membuat nilai estetika alat ini semakin tinggi. Faktor ini juga yang membuat banyak turis menyukai alat musik yang satu ini.

 

Semoga ulasan mengenai alat musik daerah ini cukup bermanfaat untuk anda. Semoga dengan membaca artikel ini paling tidak anda menjadi tahu bahwa alat musik buatan indonesia ini sangatlah beragam. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel dan mengunjungi situs kami. Jangan lupa share ya !

Add Comment