ALAT MUSIK BETAWI DAN PENJELASANNYA

Setiap daerah sudah pasti memiliki alat musik yang khas dan unik, hal ini juga berlaku untuk kota betawi. Meskipun sekarang banyak sekali alat modern, namun nyatanya hingga sekarang masih banyak alat music tradisional yang masih dimainkan hingga kini. Salah satunya alat musik betawi yang masih dipakai pada acara pernikahan dan hajatan. Tentu saja hal ini merupakan salah satu langkah yang cukup bagus, dimana nantinya generasi penerus bisa melestarikannya. Seperti yang anda tahu, betawi memang dikenal sebagai nama sebuah suku yang tinggal di Jakarta. Suku betawi ini bisa dibilang menjadi salah satu suku yang cukup lama ada di Indonesia. Terbukti hingga kini masyarakat masih memegang teguh warisan baik budaya maupun rasa kekeluargaan yang cukup kental. Nah, membahas soal budaya betawi pasti akan menjurus terkait kearifan lokal masyarakatnya bukan! Masyarakat betawi selain melestarikan makanan khas juga tidak lupa melestarikan beberapa pertunjukkan tradisonal. Ditambah lagi para sesepuh atau senior kesenian ini masih mau memberikan edukasi yang baik. Mulai dari materi hingga praktik kepada penerusnya. Dalam sebuah pertunjukan pastinya tidak akan jauh dengan namanya alunan music yang mengiringinya. Hal ini juga berlaku pada pementasan pertunjukan seni betawi.  Bahkan alat musik betawi cukup memiliki peranan penting dalam pementasan.

Nah, dengan penggunaan secara terus menerus ini secara tidak langsung masyarakat kota betawi ini tetap menjaga budayanya. Dapat dikatakan alat musik betawi memiliki banyak sekali bentuk. Dimana alat music tersebut ada yang di tiup, gesek, pukul dan lain sebagainya sesuai fungsi masing – masing. Karena bentuk dan kegunaan berbeda – beda dapat menimbulkan suara yang beda pula. Alat musik betawi ini ada yang terbuat dari besi, kayu, bambu, aluminium dan lain – lain. Dalam proses pembuatannya pun tidak sebarangan karena harus sesuai dengan tujuan alat musik itu sendiri.

Jenis – Jenis Alat Musik Betawi Yang Sering Digunakan Untuk Pentas

Perkembangan zaman ini sudah semakin pesat dan modern. Bahkan akan terus mengalami perubahan meskipun begitu, alat musik betawi ini masih tetap bertahan hingga kini. Nah, dibawah ini ada beberapa jenis alat musik betawi yang digunakan untuk pementasan.

  1. Marawis

Marawis adalah alat musik betawi yang masih tetap dilestarikan hingga kini. Dimana sudah banyak orang mengenal alat yang satu ini. Hal ini dikarenakan mariwis ini sudah banyak digunakan untuk acara hari keagamaan atau perayaan tertentu. Selain itu alat musik ini juga dipergunakan ketika mengadakan acara pernikahan. Dalam segi fisik, marawis ini memang hampir sama dengan alat musik rebana. Selain itu cara pemakaiannya cukup dipukul menggunakan tangan.  Di setiap pertunjukan ini marawis diiringi oleh nyanyian para pemainnya dengan menggunakan atribut seperti seragam, peci, dan ondel – ondel.

 

  1. Gambang Kromong

Nah, alat musik betawi gambang kromong ini merupakan sebuah orkes khas betawi yang memanfaatkan alat musik yang tradisional. Dan uniknya lagi terhadap pertunjukan ini memiliki nama yakni tradisi cina banteng.  Karena keberadaan gambang kromong ini merupakan bukti perpaduan yang selaras antara pribumi dan tionghoa, yang menjadi alasan nama tradisi cina banteng. Selain digunakan sebagai alat tradisional, faktanya gambang kromong ini juga menjadi saksi sejarah yang perlu di ingat. Walaupun perkembangan zaman memang sudah sangat maju, tetap gambang kromong ini masih tetap digunakan hingga sekarang.

 

  1. Kemong

Alat musik betawi yang satu ini masih digunakan hingga sekarang. Secara fisik, kenong memiliki bentuk yang hampir sama dengan gong. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dengan jumlah cukup banyak dalam satu baris. Jenis alat musik yang satu ini memang terbilang memiliki umur yang cukup lama dan menjadi salah satu bagian dari seni gambang kromo.  Cara untuk memainkan alat music yang satu ini sangatlah mudah dengan cara dipukul menggunakan tongkat. Dimana pada ujung tongkat tersebut sudah diberi pelapis berupa kain atau karet. Setiap kemong memiliki suara yang beda – beda.  Kemong seringkali hadir dan dipergunakan untuk mengiringi pertunjukan musik saat perayaan khusus masyarakat betawi.

 

  1. Tanjidor

 

Mungkin anda tidak asing dengan namanya alat musik betawi tanjidor. Karena memang alat musik ini sudah banyak digunakan pada pertunjukan seni khas betawi. Secara umum tanjidor ini memiliki bentuk seperti terompet namun dengan ukuran yang cukup besar. Dan yang jauh lebih unik lagi, nama alat musik ini berasal dari grup musik tangsi. Jika dulu alat musik ini memang memiliki kegunaan untuk menghibur diri untuk masyarakat betawi. Namun saat ini tanjidor ini banyak dipadupadakan dengan jenis alat musik yang lain.

 

  1. Gender

Jenis alat musik betawi yang satu ini juga masih digunakan hingga sekarang. Gender memang menjadi salah satu musik yang masuk ke dalam gamelan. Dimana cara untuk memainkan alat musik yang satu ini sangatlah mudah dengan cara dipukul. Dalam satu baris biasanya terdiri dari 10 -14 bilah yang mampu menghasilkan suara yang cukup bervariasi.  Kegunaan yang paling utama dari alat ini adalah untuk memberikan isyarat kepada vokalis untuk bernyanyi. Selain itu alat ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengiringi rebab saat bernyanyi. Dengan kata lain gender juga berfungsi untuk memimpin jalanya lagu yang akan dibawakan.

 

  1. Gendang

Gendang dan tanjidor memang menjadi alat musik yang sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Karena memang setiap ada pertunjukan musik tradisional gendang selalu ada. Namun banyak orang yang tidak tahu bahwa gendang adalah alat musik yang datang dari betawi. Cara memainkan alat musik betawi ini dengan cara dipukul pada bagian sisi ujung dari alat music ini. Walaupun kelihatan sangat mudah dalam memainkannya, ternyata alat ini juga sulit dimainkan. Umumnya gendang memiliki ketukan yang cukup beda dengan yang lain, karena itulah akan muncul keseimbangan music dan nilai estetika suaranya akan muncul.

 

  1. Gong

Seperti yang anda tahu bukan gong menjadi salah satu alat musik betawi yang banyak dikenal masyarakat khususnya betawi. Selain betawi pasalnya gong juga sering digunakan oleh masyarakat jawa seperti jawa tengah dan jawa timur. Untuk memainkan gong dengan cara dipukul pada sisi yang menonjol pada permukaan depan. Gong memang sering dipergunakan untuk mengiringi orkes musik. Hal yang perlu anda tahu juga alat music betawi ini juga biasa dimainkan pada upacara kematian. Karena memang gong memiliki suara yang khas seakan mampu memberikan nilai tersendiri bagi pendengarnya.  Selain itu gong juga bisa anda gunakan untuk mengiringi acara pernikahan yang ada di dalam maupun di luar gedung.

 

  1. Saron

Nah, alat musik betawi saron memang dikenal menjadi salah satu instrument gamelan yang termasuk dalam keluarga balungan. Nama lain dari alat saron ini adalah ricik.  Hinga kini alat musik yang satu ini sering digunakan oleh musisi secara tradisional. Digunakan pada acara pertunjukan seni atau juga hajatan.

 

  1. Mandolin

Mandolin adalah alat musik betawi yang dipetik. Mempunyai senar dan dimainkan seperti memainkan biola. Alat musik betawi mandolin biasanya sering ditemukan pada acara pertunjukan adat Betawi.  Banyak juga digunakan pada acara perkawinan, hajatan hingga pertunjukan seni.

Demikian ulasan mengenai alat musik betawi untuk kali ini. Diharapkan kesenian musik betawi ini tidak akan lekang oleh waktu. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi anda untuk mengetahui alat musik betawi.

Add Comment