ALAT MUSIK BALI YANG DI SUKAI PARA TURIS

Alat musik bali banyak di kenal sebagai jenis alat musik tradisonal.  Bali adalah daerah yang memang memiliki budaya mistis yang cukup kental dan bernuansa hindu budha. Selain musik tradisionalnya daerah ini cukup langka dan asli. Di bali sendiri banyak sekali pakaian dan camilan yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh – oleh.  Bahkan banyak orang yang turut mencari alat ini untuk cinderamata jika berkunjung ke pulau dewata. Pasti ada di antara anda penasaran tentang alat musik bali yang disukai orang bali. Melihat hal ini, akan ada rangkuman mengenai alat musik bali. Dimana alat musik ini cukup unik dan menarik.

Secara letak geografis, Bali mempunyai letak di antara Lombok dan pulau jawa. Dengan masyarakat yang beragama hindu yang cukup kental. Bali memang menjadi tempat yang cukup popular dan terkenal di dunia sebagai pusat wisata dan kesenian daerahnya. Sehingga tidak jarang banyak orang yang penasaran untuk melihat seni tarian daerah ini. Begitu juga pada alat musik bali yang mengiringi tarian bali tersebut.  Bisa dibilang musik bali memang cukup dikenal hingga ke seluruh dunia. Bahkan anda bisa melihat betapa luar biasanya minat orang asing terhadap kebudayaan musik khas bali. Pulau bali memang terkenal dengan tempat wisatanya yang cukup mendunia.

Keanekaragaman Jenis Alat Musik Bali

Warisan budaya lokal yang berupa alat seni musik tradisional bali, memiliki fungsi dan kelengkapan dalam sebuah musik atau gamelan. Dimana diperuntukkan untuk upacara keagamaan, pementasan seni termasuk untuk mengiringi pementasan sebuah tari. Dengan kebutuhan inilah yang membuat Alat musik bali menjadi lebih terkenal oleh masyarakat maupun turis. Banyak sekali kesenian bali yang cukup popular dan menggunakan Alat musik bali sebagai pengiringnya. Pementasan tersebut seperti tari pendet, legong, barong, jogged bumbung, drama gong dll.  Apalagi makin banyaknya pengunjung bali adalah wisatawan turis asing. Dan sangat jarang untuk melihat kebudayaan asli orang pribumi. Maka sebagai warga negara Indonesia yang baik tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja alat musik bali tersebut. Berikut ulasan mengenai alat musik bali diantaranya;

  1. Gerantang

Alat musik gerantang ini memiliki susunan ke atas dengan beberapa potongan bamboo yang tersusun berderet. Dapat digunakan dengan 2 pemukul khusus seperti contoh gambang yang terdapat di alat musik dari jawa. Perbedaan yang cukup mendasar pada kedua alat musik ini adalah bahannya, dimana gerantang menggunakan bambu. Gerantang ini sering digunakan untuk mengiringi pentas seni pada Cupak Gerantang.

 

  1. Rindik

Alat musik rindik yang satu ini bisa ada temukan jika anda berkunjung di pulai dewata. Dimana alat ini dibuat dari bambu yang mempunyai nada selendro dan digunakan dengan cara dipukul. Selain itu rindik sering dipakai oleh grup sekitar 3 – 5 orang dimana 2 orang memakai ridik dan sisanya tentu main alat musik lain. Biasanya alat musik bali ini digunakan untuk music pengiring hiburan rakyat. Seperti joget Bumbung namun seiring dengan perkembangan zaman, alat musik yang satu ini digunakan sebagai pelengkap acara pernikahan.

 

  1. Ceng – ceng

Alat musik ceng – ceng menjadi salah satu unsure yang paling penting dari perangkat gamelan dari bali. Di berbagai unsur music gamelan, ceng – ceng ini memiliki peranan yang cukup penting di antara alat musik bali yang lain.  Alat ceng – ceng ini digunakan dengan cara dipukul di bagian tembaga yang bundar terletak pada bagian atas. Sehingga akan menimbulkan suara ceng – ceng – ceng sesuai dengan nama alat tersebut. Apabila ingin mendapatkan suara yang keras anda tinggal memukul ceng – ceng – ceng dengan kedua tangan anda. Biasanya alat ini digunakan pada barungan, semar pegulingan, gong gede, barongan gong, pelegongan, dll.

 

  1. Pereret

Alat musik bali ini merupakan alat musik tradisional bali yang cukup kuno.  Memiliki bentuk seperti terompet dan hingga kini pun masih ada keberadaannya. Cara menggunakannya dengan cara memegang terompet tersebut, lalu ditiup melalui lubang yang ada pada ujung terompet. Pereret ini memang sering dipakai oleh masyarakat bali dalam pentas seni budaya mereka. Seni budaya tersebut bernama sewo gati namun pada seni ini posisi penari hanya duduk. Tidak sedikit masyarakat bali masih percaya dan menyakini hal mistis dan mempercayai bahwa bisa dimanfaatkan untuk perbuatan baik.

 

  1. Genggong

Mendengar namanya saja sudah pasti alat musik bali ini sangat unik. Sama seperti yang lain alat musik ini digunakan pada pentas seni musik. Biasanya sering digunakan pada intro musik dan suara pengirim musik. Nuansa music yang bergetar dan membuat spiritual anda juga ikut bergetar.

 

  1. Gamelan bali

Alat musik bali yakni gamelan bali adalah salah satu alat musik gamelan khas tradisional bali. Dimana gamelan ini memiliki perbedaan dengan alat music gamelan lain. Seperti yang lain gamelan ini juga digunakan sebagai pengiring sebuah pertunjukan kesenian. Namun di sisi lain gamelan juga digunakan dalam acara yang bersifat saklar. Meskipun perkembangan zaman saat ini canggih. Hingga kini gamelan masih digunakan pada acara keagamaan.

 

  1. Gong

Gong bali adalah alat musik bali yang digunakan sudah sejak abad ke 13. Dalam penggambaran nya alat ini sudah terdapat dalam kuil – kuil di kerajaan hindu. Jenis alat musik gong bali ini memang terbuat dari logam. Dimainkan dengan cara dipukul tepat pada bagian tengahnya. Pada bagian tonjolan pada gong tersebut. Jenis alat musik ini memang cukup memiliki beberapa variasi dalam hal bentuk. Sehingga bunyi yang dihasilkan pun berbeda – beda.

 

  1. Seruling bali

Alat musik bali yaitu seruling bali terbuat dari bahan dasar berupa bambu dengan 6 buah lubang dengan menggunakan bahan dasar berupa bambu.  Dimana pada saat bertiup dapat dilakukan dengan bernapas melalui hidung serta secara bersamaan mengeluarkan melalui mulut. Dengan udara yang disimpan dalam pipi. Sehingga bisa dibilang cukup mudah untuk memainkannya.

 

  1. Kendang bali

Seperti yang anda tahu, alat musik bali kendang bali ini memang sudah cukup umum dan dikenal. Tidak hanya di bali namun di seluruh Indonesia. Jenis alat musik pukul atau perkusi memang rata – rata memiliki struktur yang sama berbentuk silinder. Dengan kulit di dua bagian lingkaran silindernya yang kemudian menjadi objek tepuk atau pukul. Hingga menghasilkan suara Khas kendang. Sekilas dapat kita lihat kalau kendang Bali punya perawakan yang jauh lebih kecil dan lurus. Membuatnya beda dari kendang pada umumnya, seperti yang sering kita lihat pada pegelaran musik dangdut. Dimana kendang ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dengan garis tengah.  Kendang bali adalah instrumen yang tidak akan terpisah dengan seni karawitan. Selain itu Kendang bali memiliki peran sebagai pusat/pemimpin dalam sebuah barungan gamelan. Dan sering digunakan dalam berbagai perangkat gamelan, seperti Gong Kebyar, Gong Gede, Baleganjur, dll. Dan dimainkan berpasangan, yakni terdiri dari kendang wadon dan juga kendang lanang.

Di atas ada 9 buah alat musik bali yang digunakan untuk mengiring pementasan seni. Adanya informasi mengenai Alat musik bali ini diharapkan pengetahuan yang berbau tradisional tidak di tinggalkan. Apalagi di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dimana musik tradisional menjadi bagian yang cukup penting dan tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi situs website kami.

Add Comment