ALAT – ALAT YANG WAJIB DIMILIKI OLEH KONVEKSI BAJU

Konveksi baju adalah salah satu bisnis industri pakaian yang prospeknya terus meningkat. Terutama di Indonesia, bisnis konveksi yang memfokuskan diri pada produksi baju ini semakin merambah di kota – kota besar hingga kota kecil. Terlebih di kota – kota yang berada di jawa barat dan jabodetabek. Untuk pemain yang mulai serius dalam menggarap urusan kebutuhan pokok ini semakin ramai mewarnai persaingan tanah air.  Permintaan pun semakin meningkat seiring dengan naiknya kesanggupan supply. Namun sayangnya, sebagian pemain konveksi baju yang baru tidak begitu memahami secara mendalam.  Apa saja sebenarnya harus disiapkan oleh perusahaan konveksi baju.

Alat – Alat Yang Harus Dimiliki Konveksi Baju Untuk Produksi Pakaian

Nah seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini kami akan sajikan bagi anda yang semakin penasaran dengan bisnis konveksi baju.  Atau mungkin bagi anda yang sudah terjun dalam industri baju ini namun ingin memahami lebih dalam. Pada kali ini kami lampirkan beberapa alat mesin yang wajib ada pada sebuah perusahaan konveksi baju.

  1. Mesin jahit serba guna

Bisa dibilang inilah mesin yang paling hebat di dunia konveksi baju. Mesin ini dapat menggantikan beberapa fungsi mesin konveksi pakaian. Dan diantaranya memiliki kemampuan untuk memasang lubang kancing, memasang kancing, menjahit lipatan pergelangan kaki, menjahit biasa, menjahit variasi bahkan sampai membordir manual. Akan tetapi, sayangnya kekuatan dinamo pada mesin ini masih tergolong sangat kecil. Sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk proses dibandingkan dengan mesin jahit industri lainnya.

  1. Mesin press kancing

Mesin ini digunakan oleh konveksi baju untuk model kaos yang didesain memiliki kancing yang bungkus dan kancing jepret.  Cara kerja mesin ini dengan cara menekan kancing tersebut ke arah bahan sehingga menjadi terpasang kuat.  Hal detail yang jarang dilihat namun amat penting untuk mengejar standar kualitas kaos dengan kancing bungkus yang baik.

  1. Setrika uap listrik

Setiap setrika uap listrik pada dasarnya sama dengan setrika uap berbahan bakar gas.  Bedanya uap dari setrika ini dihasilkan dari proses pemanasan air melalui elemen electric panas.  Tuas pada setrika uap listrik yang ada di konveksi baju ini memiliki pori – pori pada alasannya untuk mengeluarkan uap panasnya.  Setrika uap listrik jauhlebih aman digunakan dibanding setrika berbahan bakar gas.  Akan tetapi sayangnya harga untuk alat yang satu ini cukup mahal dengan daya listrik yang digunakan lumayan besar.

  1. Mesin potong listrik

Selain mesin jahit, jasa konveksi juga harus memiliki mesin potong listrik.  Dimana mesin yang satu ini digunakan untuk memotong bahan kaos dalam jumlah banyak.  Mesin potong listrik ini bekerja dengan menggunakan kumparan tembaga sebagai dinamo nya.  Dilengkapi dengan pisau melingkar 45 inci sebagai mata pisaunya. Dengan menggunakan mesin yang satu ini tentu saja proses pemotongan bahan akan jauh lebih lancar dan cepat. Sehingga proses menjahit cepat dilakukan tanpa menunggu waktu lama.

Tempat Konveksi Baju

Demikian ulasan mengenai alat – alat yang harus dimiliki oleh jasa konveksi baju untuk pembuatan baju.  Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda yang ingin mendirikan usaha konveksi. Alat – alat di atas harus anda miliki agar proses pembuatan baju dapat berjalan lancar sesuai deadline. Dengan menggunakan mesin – mesin di atas di jamin proses pembuatan baju akan lancar dan cepat selesai.

Related

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *